Skip to main content

Jadwal Akses Aplikasi SIBOS PINTAR untuk Semua Jenjang

Setelah beberapa hari tidak bisa di akses dan tidak bisa berjalan dengan baik, akhirnya aplikasi SIBOS PINTAR sudah bisa digunakan kembali oleh semua operator madrasah untuk mendata dan mengintegrasi data para peserta didik.

Dibukanya kembali akses aplikasi Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar (SIBOS PINTAR) ini disertai dengan beberapa peraturan baru, diantaranya adalah jadwal pengerjaan masing-masing operator sekarang dilakukan secara bergiliran.

Kalau pada saat pertama kali diluncurkan aplikasi SIBOS PINTAR bisa diakses secara serentak oleh seluruh operator madrasah, akan tetapi saat ini hal tersebut tidak bisa dilakukan, karena beberapa waktu yang lalu sudah di atur jadwal untuk masing-masing operator.

Seperti yang telah kita ketahui, tidak sedikit operator yang mengeluhkan permasalahan yang muncul saat mengakses aplikasi SIBOS PINTAR.

Salah satu permasalahan yang paling banyak dialami oleh rekan-rekan operator madrasah adalah sulitnya masuk ke aplikasi tersebut dan lambatnya proses pengiriman data siswa.

Kemungkinan besar hal ini disebabkan karena server yang tertanam pada aplikasi tersebut tidak mampu menampung operator madrasah yang login secara bersamaan, apalagi pada pagi dan siang hari.

Akibatnya pada saat operator login seringkali muncul notifikasi "Failed on propose transaction no: 1" atau "Koneksi Internet Terputus, Coba Lagi Kah?", aplikasi mendeteksi bahwa koneksi internet tidak lancar, padahal meskipun koneksi internet memiliki koneksi yang bagus notifikasi tersebut tetap muncul.

Masalah tersebut membuat operator madrasah hanya bisa memasukkan beberapa data siswa dalam waktu berjam-jam lamanya, padahal batas pemutakhiran data peserta didik hanya beberapa hari lagi.
jadwal akses aplikasi SIBOS PINTAR

Jadwal Akses Aplikasi SIBOS PINTAR


Setelah sempat tidak bisa diakses sama sekali, untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya tim teknisi dan pengembang aplikasi SIBOS PINTAR menambahkan beberapa server disertai dengan penjadwalan akses ke aplikasi tersebut.

Jadwal akses aplikasi dikelompokkan berdasarkan jenjang. Berikut ini adalah jadwal akses aplikasi dan pengerjaan SIBOS PINTAR:

Hari Pukul
00.00 - 05.59 06.00 - 11.59 12.00 - 17.59 18.00 - 23.59
Senin Admin MI MTs MI
Selasa Admin MTs MI MA
Rabu Admin MI MA MI
Kamis Admin MA MI MTs
Jumat Admin MI MTs MA
Sabtu Admin MTs MA MTs
Minggu Admin MI MI MTs

Mulai sekarang operator madrasah perlu melakukan pemutakhiran data siswa berdasarkan jadwal yang tertera di atas.

Misalnya, jika rekan operator bertugas di jenjang MI, maka pada hari senin operator bisa melakukan pemutakhiran data pada jam 06.00 - 11.59 dan jam 18.00 - 23.59.

Apabila rekan operator MI login pada hari Senin jam 12.00 maka operator tidak akan bisa masuk ke aplikasi SIBOS PINTAR karena pada jam tersebut waktunya operator MTs melakukan pemutakhiran.

Selain dilakukannya penjadwalan berdasarkan jenjang pendidikan, sewaktu-waktu aplikasi ini juga akan dilakukan secara giliran berdasarkan wilayah.

Sehingga meskipun rekan operator melakukan pengerjaan sesuai jadwal di atas, jika hal tersebut sedang dilakukan maka operator tidak akan bisa mengakses aplikasi tersebut.

Akan tetapi dilakukannya giliran berdasarkan wilayah ini tidak ada jadwalnya, kemungkinan besar hal tersebut dilakukan hanya untuk antisipasi saja jika suatu saat server tidak kuat menampungnya.

Tentunya pemberlakuan jadwal ini merupakan pilihan yang kurang tepat karena tentu saja akan membuat jam kerja menjadi tidak teratur seperti biasanya.

Namun dengan adanya pemberlakuan jadwal ini mudah-mudahan pemutarkhiran data bisa berjalan dengan lancar dan pendataan siswa bisa dilakukan secepatnya.

Demikian informasi mengenai jadwal akses atau pengerjaan aplikasi SIBOS PINTAR ini,semoga dengan diberlakukannya jadwal ini pemutakhiran data siswa bisa berjalan dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar