Skip to main content

Buku PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pegangan Siswa dan Guru

Halo Bapak dan Ibu Guru dan Siswa, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Buku PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pegangan Siswa dan Guru.

Di artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mendownload Buku PKN pegangan guru dan siswa secara gratis. Kami juga telah menyusun artikel ini sedemikian rupa, agar Bapak dan Ibu guru bisa mendownloadnya dengan mudah.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau PPKN / PKN merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi mausia yang punya rasa kebangsaan dan cinta terhadap tanah air dalam hal konteks nilai dan moral Pancasila.

Selain itu kesadaran berkonstitusi UUD Negara Republik Indonesia 1945, semangat Bhineka Tunggal Ika, dan komitmen NKRI haru tertanam pada siswa.

Di dalam Kurikulum 2013 ini, pembelajaran PKN fokus pada pencapaian tiga tingkat kompetensi, yaitu keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang utuh.

Di dalam mata Pelajaran PPKn, pengembangan kompetensi meliputi semua dimensi kewarganegaraan, yaitu:
  • Sikap kewarganegaraan : teguh komitmen, dan tanggung jawab kewarganegaraan (civic confidence, civic reponsibility, and civic committment)
  • Pengetahuan kewarganegaraan.
  • Keterampilan kewarganegaraan : kecakapan dan partisipasi (civic competence and civi repnsibility).

Pembahasan yang ada di dalam Buku PKN kelas 9 ini dilakukan secara utuh meliputi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika.

Pembelajaran PPKN dibuat berdasarkan aktivitas yang dikaitkan dengan tema kewarganegaraan, yang diharapkan mampu mendorong siswa menjadi warga negara yang baik, melalui kepeduliannya pada permasalahan yang ada di masyarakat sekitar.

Kepedulian dapat ditunjukkan dalam bentuk partisipasi dalam pengembangan komunikasi yang berkaitan dengan dirinya.

Kemampuan yang dihasilkan, tidak lagi terbatas dengan kajian keterampilan dan pengetahuan dalam bentuk karya tulis, akan tetapi lebih ditekankan pada pembentukan sikap serta tindakan yang nyata yang harus dilakukan oleh para siswa.

Tentunya, siswa akan memiliki sikap yang bangga dan cinta sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Buku ini yaitu berisi panduan minimal bagi guru dan siswa dalam belajar PPKN melalui pendekatan scientific dan menggunakan model pembelajran Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Project Based Learning.

Selain itu buku ini juga menyediakan model pembelajaran alternatif bagi untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Apakah Bapak dan Ibu Guru sudah punya Buku PJOK?

Jika belu, tidak perlu khawatir. Karena kali ini kami akan membagikannya secara gratis dan bisa di download dengan mudah.

Di sini kami akan memberikan dua jenis buku PKN, yaitu buku pegangan siswa dan buku pegangan guru.

Supaya Bapak dan Ibu guru tau isi buku tersebut, kami juga akan mengulasnya sedikit.

buku PKN kelas 9

Buku PKN Pegangan Siswa

Mohon maaf...

Untuk buku PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pegangan Siswa saat ini belum tersedia.

Namun Bapak dan Ibu guru tidak perlu khawatir, karena kami akan menerbitkan secepatnya apabila buku ini sudah tersedia. Kami akan menerbitkannya melalui artikel ini.

Agar Bapak dan Ibu guru bisa mengetahui pembaruan artikel ini dengan mudah, silahkan bagikan artikel ini ke sosial media Bapak dan Ibu guru agar artikel ini tersimpan secara otomatis.

Buku PKN Pegangan Guru

Buku Guru PKNterdiri dari 274 halaman yang dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:

Bagian 1 Petunjuk Umum

Bagian 2 Petunjuk Khusus Pembelajaran Per Bab
Bab 1 : Dinamika Perwujudan Pacasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Bab 2 : Pembukaan Undang-Undangan Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Bab 3 : Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Bab 4 : Keberagaman masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
Bab 5 : Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia
Bab 6 : Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Itulah beberapa bagian yang ada di Buku Guru PPKN Kelas 9.

Apabila Bapak dan Ibu guru ingin mendownload Buku PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pegangan guru, silahkan download melalui tautan berikut ini:

Buku Guru PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Download

Demikianlah informasi mengenai Buku PKN Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa kami sampaikan.

Apabila ada buku PKN terbaru, kami akan segera menerbitkannya melalui artikel ini. Agar Bapak da Ibu guru bisa menemukan artikel ini dengan mudah, silahkan bagikan artikel ini ke sosial media Bapak dan Ibu guru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar