Skip to main content

Buku IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pegangan Siswa dan Guru

Halo Bapak dan Ibu Guru dan para siswa, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Buku IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pegangan siswa dan guru.

Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mendownload kedua bukut tersebut secara gratis. Kami juga telah menyusunnya supaya Bapak dan Ibu guru bisa dengan mudah mengunduhnya.

Seperti yang telah kita ketahui, Kurikulum 2013 dibuat untuk memperkokoh kemampuan peserta didik dari segi keterampilan, pengetahuan, dan sikap secara utuh.

Masing-masing mata pelajaran saling berkaitan untuk mendukung tercapainya kompetensi tersebut. Pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran yang ada digabungkan menjadi satu serta disuguhkan dalam bentuk tema, namun pada jenjang SMP/MTs mata pelajaran sudah mulai dipisah.

Kurikulum 2013 menuntut sistem pembelajaran IPS secara terpadu, hal ini bertujuan agar Ilum Pengetahuan Sosial bisa lebih bermakna bagi para siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih utuh dan luas. Mata Pelajaran IPS menyuguhkan beragam aspek mengenai kehidupan masyarakat secara terpadu, karena kehidupan bermasyarakat sebetulnya adalah sistem dan totalitas dari beragam aspek.

Kehidupan masyarakat punya sifat multi dimensional, oleh karena itu pembelajaran IPS yang dilakukan secara terpadu diharapkan bisa mengembangkan kemampuan siswa ke arah kehidupan bermasyarakat yang fungsional dan baik, memiliki kepekaan sosial, serta mampu berperan mengatasi beragam masalah sosial yang ada.

Sebagai permulaan ke jenjang pendidikan menengah, pemisahan yang dilakukan sekarang ini belum dilakukan sepenuhnya. Bidang ilmu Geografi, Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, dan Antropologi masih perlu disuguhkan menjadi satu dalam mata pelajaran IPS.

Pembelajaran tersebut bertujuan agar dapat memberikan wawasan yang utuh pada siswa SMP/MTs mengenai konsep konektivitas waktu dan ruang serta aktivitas sosial lainnya.

Buku IPS dikembangkan atas dasar realitas kehidupan sosial, entah itu pada ruang lingkup nasional, global, ataupun ASEAN.

Pelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran yang wajib ada di jenjang pendidikan SMP/MTs yang mencakup materi geografi, ekonomi, sejarah, dan sosiologi.

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial perlu disalurkan melalui pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan ilmu sosial humaniora.

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dilakukan melalui sistem pembelajaran terpadu, dimana geografi sebagai titik tolak kajian yang dipertimbangkan pada kejadian yang terkait dengan lokasi.

Tujuannya yaitu menekankan akan pentingnya komunikasi dan interaksi antar ruang dalam memerpkokoh NKRI.

Buku IPS untuk siswa kelas 9 SMP/MTs lebih mengutamakan realitas sosial dan bermasyarakat sebagai materi pembelajaran untuk membangun sikap peduli, berpikir, logis, kritis, analitis, sistematis, dan terampil dalam menghadapi abad ke-21.

Buku ini menjelaskan usaha minimal yang perlu dilakukan oleh para peserta didik untuk mencapai kemampuan seperti yang diharapkan.

Pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa dituntut untuk berani mencari sumber belajar lain yang terbentang luas.

Apakah Bapak dan Ibu Guru sudah punya Buku IPS?

Jika belum, tidak perlu khawair. Karena kali ini saya akan membagikannya secara gratis dan bisa didownload dengan mudah.

Di sini kami akan memberikan dua jenis buku Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu buku pegangan siswa dan buku pegangan guru.

Kami juga akan mengulas sedikit isi dari kedua buku tersebut.

buku ips kelas 9

Buku IPS Pegangan Siswa

Buku IPS pegangan siswa ini terdiri dari 326 halaman yang dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

Bab 1 : Interaksi Antarnegara Asia dan negara Lainnya
Bab 2 : Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
Bab 3 : Ketergantungan Antaruang serta Pengaruhnya Pada Kesejahteraan Masyarakat
Bab 4 : Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi

Itulah beberapa bagian yang ada di dalam Buku Pegangan Siswa IPS Kelas 9.

Apabila Bapak dan Ibu guru ingin mendownload Buku Siswa IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, silahkan download melalui tautan di bawah ini:

Buku Siswa IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Download

Buku IPS Pegangan Guru

Buku Guru IPS terdiri dari 242 halaman dan di bagi menjadi beberapa bagian, diantaranya:

Bagian I Petunjuk Umum

Bagian II Petunjuk Khusus
Bab 1 : Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya

Bagian III Petunjuk Khusus
Bab 2 : Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Bagian IV Petunjuk Khusus
Bab 3 : Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Bagian V Petunjuk Khusus
Bab 4 : Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi

Itulah beberapa bagian yang ada di Buku Guru IPS Kelas 9.

Apabila Bapak dan Ibu guru ingin mendownload Buku IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pegangan guru, silahkan download melalui tautan di bawah ini:

Buku Guru IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Download

Demikianlah informasi mengenai Buku IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa kami sampaikan.

Apabila ada buku bahasa Inggris terbaru, kami akan segera menerbitkannya melalui artikel ini. Agar Bapak dan Ibu guru bisa menemukan kembali artikel ini dengan mudah, silahkan bagikan ke sosial media Bapak dan Ibu guru, supaya bisa tersimpan secara otomatis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar