Skip to main content

Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Penggalan Novel

Kali ini kita akan membahas Bahasa Indonesia tentang Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Penggalan Novel yang akan dibahas dengan lengkap agar teman-teman bisa memahaminya dengan baik, dan dapat membantu teman-teman belajar.

Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Penggalan Novel

1. Unsur-Unsur Intrinsik Novel

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang ada dalam karya sastra dan berasal dari dalam karya sastra itu sendiri di antaranya adalah:
  1. Tema, yaitu sesuatu yang menjadi dasar cerita, sesuatu yang menjiwai cerita, atau sesuatu yang menjadi pokok masalah dalam cerita.
  2. Plot atau alur cerita, yaitu jalan cerita yang dibuat oleh pengarang dalam menjalin kejadian secara beruntun dengan memperhatikan sebab-akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat.
  3. Latar atau setting, yaitu tempat, situasi, dan waktu terjadinya peristiwa yang ada dalam cerita itu.
  4. Sudut pandang, cara pandang seseorang pengarang dalam cerita tersebut sebagai orang pertama (pelaku), orang kedua, atau orang ketiga (pengamat cerita).
  5. Penokohan atau perwatakan, yaitu pengenalan watak dari tiap-tiap pelaku yang akan memudahkan pembaca dalam memahami isi cerita.
  6. Konflik cerita, yaitu pokok permasalahan yang terjadi dalam cerita atau karya sastra.
  7. Pesan atau amanat, yaitu maksud yang terkandung dalam suatu cerita. Amanat sangat erat hubungannya dengan tema.

2. Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Novel

Salah satu unsur intrinsik yang sangat penting adalah karakter tokoh dalam latar cerita, kedua unsur ini berhubungan erat. Karakter tokoh sangat dipengaruhi oleh latar, terutama latar tempat dan latar suasana sosial budaya. Tokoh yang digambarkan secara dinamis akan berubah-ubah tergantung situasi, waktu, tempat, dan sosial budaya lingkungan yang dimasukinya.

Karakteristik atau perwatakan adalah penampilan keseluruhan ciri-ciri tipe dari seorang tokoh pelaku atau bagaimana cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan watak tokoh-tokoh dalam sebuah cerita rekaan atau fiksi. 

Ada dua macam cara untuk memperkenalkan tokoh dan karakteristik tokoh dalam fiksi, yaitu sebagai berikut.
  1. Secara analitik (langsung): pengarang langsung memaparkan tentang watak atau karakter tokoh, pengarang menyebutkan bahwa seorang tokoh keras hati, keras kepala, penyayang, dan sebagainya.
  2. Secara dramatik (tak langsung): penggambaran perwatakan yang tidak diceritakan langsung, tetapi disampaikan melalui (a) pilihan nama tokoh, (b) penggambaran fisik atau postur tubuh, (c) cara berpakaian, (d) tingkah laku tokoh, (e) keadaan lingkungan, (f) dialog tokoh dengan dirinya atau dengan tokoh lainnya, dan (g) pola pikir saat menghadapi masalah.
Ditinjau dari cara dan hasil penggambarannya, ada empat macam perwatakan, yaitu sebagai berikut.
  1. Perwatakan statis, yaitu pelukis watak sang tokoh tetap tidak berubah dari awal sampai akhir.
  2. Perwatakan dinamis, yaitu watak sang tokoh berubah atau berkembang dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat sesuai dengan situasi yang dimasukinya.
  3. Perwatakan datar, yaitu watak sang tokoh disoroti hanya dari satu unsur atau satu dimensi saja.
  4. Perwatakan bulat, yaitu watak sang tokoh dilukiskan dari segala aspek dan meliputi semua dimensi, yaitu dimensi fisiologis, psikologis, dan sosial seperti yang terdapat pada tokoh nyata dalam hidup sehari-hari.

Latar adalah penggambaran ruang, waktu, dan segala situasi yang menjadi ruang bagi tokoh cerita untuk hidup, bergerak, atau mengalami berbagai peristiwa. Latar tidak hanya terbatas pada aspek geografis waktu dan tempat, tetapi juga menyangkut aspek sosial budaya dan emosional. Aspek ini mencakup pengertian suatu cerita itu terjadi pada zaman apa, dalam masyarakat bagaimana, dalam nuansa emosional bagaimana, serta kondisi alamiah seperti apa. 

Jadi, kalau ingin mengungkap latar suatu cerita semua aspek itu harus dianalisis, yaitu latar waktu, latar tempat, latar suasana alamiah, latar suasana batiniah, dan latar suasana sosial budaya.


Sampai disini dulu pembahasan tentang Menjelaskan Unsur-Unsur Intrinsik Penggalan Novel, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar