Skip to main content

Ciri-Ciri Orang Dewasa

Batasan orang dewasa secara kronologis terentang dari usia 20 sampai 70 tahun yang dapat dikelompokkan menjadi tiga masa, yaitu dewasa muda (20-40 tahun), tengah baya (40-55 tahun), dan lanjut usia (55-70 tahun).

Ciri Orang Dewasa

Secara psikologi sepanjang usia tersebut terjadi perubahan psikofisik yang dipengaruhi secara fungsional baik oleh faktor hereditas, lingkungan maupun kematangan, yang mana secara umum ciri-ciri psikologi orang dewasa adalah:

  1. Adanya usaha pribadi pada salah satu lapangan yang penting dalam kebudayaan, seperti pekerjaan, politik, agama, seni, dan ilmu pengetahuan.
  2. Kemampuan untuk mengadakan kontak yang hangat dalam hubungan-hubungan yang fungsional maupun tidak fungsional.
  3. Adanya suatu stabilitas batin yang fundamental dalam dunia perasaan dan dalam hubungannya dengan penerima diri sendiri.
  4. Pengamatan, pikiran dan tingkah laku menunjukkan sifat realitas yang jelas, tetapi masih ada relavitasnya.
  5. Dapat melihat diri sendiri seperti adanya dan melihat segi kehidupan yang menyenangkan.
  6. Menemukan suatu bentuk kehidupan yang sesuai dengan gambar dunia atau filsafat hidup yang dapat mencakup kehidupan menjadi suatu kesatuan.

Sedangkan karakteristik orang dewasa adalah:
  1. Konsep diri orang dewasa berubah dari seorang yang tergantung menjadi mengatur diri sendiri.
  2. Orang dewasa memiliki sejumlah pengalaman dan pemahaman yang semakin banyak, yang berfungsi sebagai sumber daya pembelajaran yang kaya.
  3. Kebutuhan untuk belajar akan lebih banyak berorientasi pada tugas perkembangan dari peran sosial.
  4. Perspektif orang dewasa dalam menggunakan pengetahuan berubah, dari penerapan yang tertunda menjadi penerapan segera.

Itulah ciri-ciri orang dewasa yang berhasil kami rangkum, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar