Skip to main content

Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pegangan Siswa dan Guru

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah buka secara gratis yaitu Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk pegangan Siswa dan Guru.

Seperti yang telah kita ketahui Kurikulum 2013 dibuat untuk memperkokoh kemampuan para siswa dari segi keterampilan, pengetahuan, dan sikap secara utuh.

Proses pencapaiannya yaitu dengan melalui pembelajaran dari beberapa mata pelajaran ang dirancang agar bisa menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Pada jenjang pendidikan SD/MI, sebagian besar mata pelajaran digabungkan menjadi satu dan disuguhkan dalam beberapa tema.

Berbeda dari jenjang pendidikan SD/MI, pada jenjang pendidikan SMP/MTs sistem pembelajaran sudah mulai dipisahkan menjadi beberapa mata pelajaran.

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan siswa menuju ke jenjang pendidikan menengah, namun pemisahan ini belum dilakukan sepenuhnya untuk para peserta didik di jenjang pendidikan SMP/MTs.

Beberapa Materi dari bidang Ilmu Fisika, Biologi, Kimia, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disuguhkan sebagai suatu kesatuan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan alam (IPA).

Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi para peserta didik SMP/MTs mengenai beragam prinsip dasar yang dapat mengatur alam semesta beserta isinya.

Buku IPA untuk Kelas IX SMP/MTs ini disajikan dengan pemikiran di atas Bidang Ilmu Biologi digunakan sebagai platform pembahasan dalam bidang ilmu lainnya.


Makhluk hidup dijadikan sebagai objek untuk menjelaskan berbagai prinsip dasar yang mengatur alam, entah itu objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, ataupun yang lainnya.

Dengan menggunakan pembahasan beberapa macam bidang ilmu yang masih berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan Alam, peserta didik SMP/MTs dapat memahami secara utuh mengenai alam serta benda-benda yang di alam yang biasa kita jumpai.

Sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang biasa digunakan untuk mengukur kemajuan pendidikan sebuah negara, pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA akan dibandingkan secara rutin seperti yang dilakukan melalui PISA (Program for Internasional Mathematics and Science Study) dan TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study).

Melalui penilaian ini, kita bisa mengetahui kualitas peserta didik terhadap mata pelajaran IPA di Indoneisa dibandingkan dengan negara lain.

Materi IPA yang disajikan di kurikulum 2013 telah disesuaikan dengan tuntutan penguasaan materi berdasarkan PISA dan TIMSS.

Sesuai dengan Kurikulum 2013, buku IPA ini disusun dan mengacu pada pembelajaran IPA secara utuh dan terpadu.

Setiap pengetahuan yang telah diajarkan, sistem pembelajarannya harus dilanjutkan hingga membuat peserta didik menjadi terampil dalam menyuguhkan pengetahuan yang telah dikuasainya secara abstrak dan konkret.

Tidak hanya itu saja, peserta didik juga diarahkan untuk mampu bersikap menjadi seorang makhluk yang senantiasa bersyukur atas anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepada dirinya melalui pemanfaatan yang penuh tangguh jawab.

Buku Ilmu Pengetahuan Alam ini menjelaskan tentang usaha yang harus dilakukan siswa untuk mendapatkan kompetensi seperti kompetensi yang diharapkan.

Buku ini menggunakan pendekatan sesuai dengan Kurikulum 2013, dimana para siswa didorong agar supaya berani mencari sumber belajar lain yang tersedia secara luas.

Peran guru juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan daya serap siswa dengan adanya berbagai kegiatan pada buku ini.

Guru juga bisa menambahkan kegiatan dengan mengkreasikan beragam bentuk kegiatan lain yang relevan dan bersumber dari lingkungan alam dan sosial.

Apakah Bapak/Ibu Guru atau Siswa sudah punya buku IPA?

Jika belum punya, tidak perlu khawatir. Karena kali ini saya akan membagikannya secara gratis dan bisa di unduh dengan mudah.

Di sini kami juga akan membagikan dua buku Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu buku pegangan guru dan buku pegangan siswa.

Kami akan menjelaskan sekilas mengenai isi yang ada di dalam buku tersebut.

buku ipa kelass 9

Buku IPA Pegangan Siswa

Mohon maaf, untuk Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pegangan siswa saat ini belum tersedia.

Akan tetapi, jika buku tersebut sudah ada, kami akan segera memperbaruinya melalui artikel ini. Supaya Bapak/Ibu Guru bisa menemukan kembali artikel ini dengan mudah, silahkan bagikan terlebih dahulu artikel ini ke sosial media Bapak/Ibu Guru.

Buku IPA Pegangan Guru

Untuk Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 pegangan guru saat ini sudah tersedia.

Isi buku tersebut terdiri dari 394 halaman di bagi menjadi beberapa Bab, yaitu:

Bagian I : Petunjuk Umum
Bab 1 : Sistem Reproduksi Pada Manusia
Bab 2 : Pembelajaran Berbasis Aktivitas dalam IPA
Bab 3 : Penilaian Pembelajaran IPA, Pembelajaran Remidial, dan Pengayaan
Bab 4 : Pemetaan Kompetensi Dasar dan Materi

Bagian II : Petunjuk Khusus
Bab 1 : Sistem Reproduksi Pada Manusia
Bab 2 : Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan
Bab 3 : Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup
Bab 4 : Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari
Bab 5 : Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari
Bab 6 : Kemagnetan dan Pemanfaatannya
Bab 7 : Bioteknologi
Bab 8 : Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup
Bab 9 : Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
Bab 10 : Teknologi Ramah Lingkungan

Itulah beberapa bagian yang ada di dalam buku guru IPA kelas 9.

Apabila Bapak/Ibu guru ingin mendownload Buku IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018, silahkan download melalui tautan di bawah ini:

Buku Guru IPA Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Download

Demikian informasi tentang Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa kami sampaikan.

Apabila ada buku IPA terbaru, kami akan segera menerbitkannya melalui artikel ini. Supaya Bapak/Ibu guru bisa menemukan kembali artikel ini dengan mudah, silahkan bagikan ke sosial media Bapak/Ibu guru.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar