Skip to main content

Pengertian, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan

Halo teman-teman pada artikel kali ini saya akan membagikan artikel tentang administrasi keuangan, ini sangatlah penting bagi perusahaan dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan kontinuitas perusahaan.

Oleh karena itu, setiap usaha dianjurkan untuk mengadakan administrasi keuangan.

Pengertian, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan

Pengertian Administrasi Keuangan


Administrasi keuangan terdiri dari gabungan kata administrasi dan keuangan.

Administrasi dapat diartikan sejumlah proses pengelolaan atau kerja sama kelompok yang dilaksanakan di dalam sebuah organisasi demi mencapai tujuan organisasi secara tepat sasaran (efektif) dan tepat guna (efisien).

Sedangkan, keuangan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan uang.

Dengan demikian, administrasi keuangan adalah pengelolaan yang meliputi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dan pencapaian tujuan sebuah organisasi perusahaan.

Pada akhirnya, administrasi keuangan akan berkaitan erat dengan laporan keuangan.

Singkatnya, pengertian administrasi keuangan menurut para ahli terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

1. Pengelolaan keuangan.

Pengertian ini adalah pengertian administrasi keuangan secara luas.

Dalam pengertian ini terkandung proses pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan ataupun pemanfaatan keuangan sehingga tugas-tugas pokok organisasi terwujud secara efektif dan efisien.
2. Tata usaha keuangan.

Ini adalah pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit.

Pengertian ini berkaitan bahwa administrasi keuangan berkaitan dengan proses-proses menerima, menyimpan, serta mengeluarkan uang dengan aktivitas penatabukuan.

Aktivitas ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang sedang berlaku.

Komponen Administrasi Keuangan


Sebagai bentuk pengelolaan, perlu ada beberapa komponen di dalam administrasi keuangan. Komponen administrasi keuangan terdiri dari hal-hal sebagai berikut.
  1. Perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan yaitu merencanakan pemasukan serta pengeluaran keuangan ataupun aktivitas-aktivitas lainnya untuk kurun waktu tertentu.
  2. Penganggaran keuangan. Pemasukan, pengeluaran, ataupun aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya kemudian didetailkan dan dibuatkan anggarannya.
  3. Pengelolaan keuangan. Penggunaan dana sedemikian rupa agar dapat bermanfaat secara maksimal.
  4. Pencairan keuangan. Upaya mendapatkan pendanaan agar segala aktivitas organisasi berjalan dengan lancar.
  5. Penyimpanan keuangan. Upaya pengumpulan dana organisasi kemudian menyimpannya dengan aman.
  6. Pengendalian keuangan. Berkaitan dengan penilaian dan perbaikan sistem ataupun kinerja keuangan di dalam organisasi.
  7. Pemeriksaan keuangan. Berkaitan dengan pemeriksaan atau audit internal terhadap penggunaan keuangan agar penyimpangan dapat dicegah.

Manfaat Administrasi Keuangan


Berfungsinya komponen-komponen dalam administrasi keuangan tersebut akan sangat membantu kinerja organisasi secara keseluruhan.

Manfaat administrasi keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Teraturnya penerimaan ataupun pengeluaran organisasi.
  2. Pemanfaatan uang mampu dikendalikan dan dikoordinasikan dengan baik.
  3. Berkurangnya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan.

Demikian artikel tentang Pengertian, Komponen, dan Manfaat Administrasi Keuangan ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar