Skip to main content

Pengertian, Bentuk, Faktor Pendorong, dan Arti Penting Hubungan Internasional

Indonesia merupakan Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Agar dapat memenuhi kebutuhan hidup negaranya maka bangsa Indonesia melakukan hubungan dengan negara-negara lain. Hubungan dengan negara lain ini disebut Hubungan Internasional. Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara mengadakan hubungan regional dengan mendirikan organisasi ASEAN.

Pengertian, Bentuk, Faktor Pendorong, dan Arti Penting Hubungan Internasional

Selain dalam satu kawasan Indonesia juga melakukan hubungan Internasional dengan cara menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Organisasi-organisasi ini bertujuan untuk menjalin persahabatan dan kerja sama dengan negara-negara di dunia. Apa sih Hubungan Internasional itu? nah berikut ini akan kita bahas.

1. Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan Internasional dapat ditinjau dari sumber-sumber berikut.

a. Menurut Resta (Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Republik Indonesia

Hubungan Internasional dirumuskan sebagai hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.

b. Suwardi Wiraatmaja

Hubungan Internasional mencakup segala hubungan antarbangsa dan kelompok bangsa dalam masyarakat dunia, dan kekuatan-kekuatan, tekanan-tekanan, proses-proses yang menentukan cara hidup, cara bertindak, dan cara berpikir manusia.

c. Teuku May Rudi

Hubungan Internasional mencakup berbagai macam hubungan interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

d. Trygive Mathisen

Hubungan Internasional merupakan semua aspek internasional dari kehidupan sosial umat manusia, dalam arti semua tingkah laku manusia yang terjadi atau berasal dari suatu negara dapat memengaruhi tingkah laku manusia di negara lain.

e. UU No. 37 Tahun 1999

Hubungan Internasional dipersamakan dengan hubungan luar negeri. Adapun pengertian hubungan luar negeri adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan daerah atau lembaga-lembaga negara, badan usaha, dan organisasi politik.


Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa atau antarnegara dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.


2. Bentuk-bentuk Hubungan Internasional

Bentuk-bentuk hubungan internasional dapat dijelaskan berikut ini.

a. Hubungan Individual

Hubungan ini dilakukan oleh turis, mahasiswa, pedagang, yang mengadakan kontak-kontak pribadi sehingga timbul kepentingan timbal balik diantara mereka.

b. Hubungan Antarkelompok

Hubungan yang dilakukan antara lembaga sosial, lembaga keagamaan, dan perdagangan yang melakukan kontak secara insidental, periodik atau permanen.

c. Hubungan Antarnegara

Hubungan ini dilakukan oleh negara yang satu dengan negara lain dengan mengadakan kerja sama dalam bidang ekonomi, kebudayaan, teknologi, dan lain-lain.


3. Faktor Pendorong Hubungan Internasional

Ada beberapa faktor pendorong terjadinya hubungan internasional, yaitu sebagai berikut.

(a). Faktor kodrat Manusia sebagai makhluk sosial yang harus mengadakan kerja sama antarsesama.

(b). Faktor wilayah yang saling berjauhan mengakibatkan timbulnya kerja sama regional dan internasional.

(c). Faktor pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri.

(d). Faktor kepentingan nasional yang tidak selamanya dapat dipenuhi di dalam negeri sendiri.

(e). Faktor tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan kehidupan dunia yang tertib, adil, dan merata.


4. Arti Penting Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan hal yang mutlak dilakukan oleh negara-negara didunia. Hal ini penting untuk tetap menjaga eksistensi negara yang bersangkutan di tengah pergaulan dunia internasional dan turut menjaga perdamaian dunia pada umumnya. Perlunya kerjasama internasional adalah sebagai berikut.

(a). Saling membina hubungan baik dan persahabatan demi kesejahteraan umat manusia.

(b). Membantu sesama bangsa atau negara lain yang memerlukan bantuan.

(c). Saling melengkapi kelebihan dan kelemahan masing-masing negara.

Hubungan kerja sama antarbangsa dan antarnegara ini menjadi sedemikian penting karena masing-masing memiliki aturan, etika dan budaya masing-masing. Namun yang utama adalah kesadaran untuk memelihara hubungan tersebut.

Dengan demikian, manfaat dari hubungan dan kerjasama internasional adalah sebagai berikut.

(a). Memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil.

(b). Mencegah dan menyelesaikan konflik atau sengketa yang mengancam perdamaian.

(c). Mengembangkan cara-cara penyelesaian masalah secara damai melalui diplomasi di meja perundingan.

(d). Membangun solidaritas dan sikap saling menghormati antarbangsa.

(e). Membantu bangsa lain mencari solusi penyelesaian dari berbagai ancaman.




Nah itulah pembahasan PKN tentang Pengertian, Bentuk, Faktor Pendorong, dan Arti Penting Hubungan Internasional, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar