Skip to main content

Mau Sukses? Ketahui Tipe Kepribadian Berdasarkan Cairan Tubuh ini

Kali ini kita akan membahas tentang Tipe Kepribadian Berdasarkan Cairan Tubuh, salah satu teori mengenal tipe kepribadian manusia berasal dari Socrates yang membagi berdasarkan cairan tubuh yang dominan. Pembagian tipe kepribadian tersebut adalah sebagai berikut:

Tipe Kepribadian Berdasarkan Cairan Tubuh

1. Sanguinis

Orang sanguini adalah yang populer. Suka ceria, banyak omong, dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang-orang di sekitarnya, aktif, dinamis, dan cekatan. Mereka gampang bergaul dan mudah berteman, salah satu kelemahannya adalah adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba-tiba menangis, atau sebaliknya.

Lebih banyak humor, hidup bagaikan angin, berbelok ke mana saja, sering menganggap sepele beberapa ha, yang akhirnya membawa penyakit sering lupa dan sembrono. Profesi yang berkutat dibidang enterteinment atau hiburan biasanya diwarnai dengan orang-orang yang bertipe sanguinis.


2. Melankonis

Orang melankonis adalah orang perfeksionis. Suka akan hal-hal yang detail dan membutuhkan ketelitian. Salah satu kelemahannya adalah karena sifatnya yang terlalu perfeksionis, kadang-kadang suka menunda-nunda pekerjaan sampai terciptanya suasana yang sempurna. Sifat negatifnya adalah pemurung, pesimis, mudah sedih dan mudah putus asa.

Orang yang bekerja di bidang penelitian atau riset biasanya bertipe melankonis.


3. Kholeris

Orang kholeris adalah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Lebih banyak mengkritik dan sering kali tidak berpikir panjang atau langsung main seruduk, tidak suka diperintah dan selalu menganggap dirinya paling benar, serta biasanya tidak mau mengalah dan mau menang sendiri, temperamen (cepat marah), mudah tersinggung, dan tidak sabar.

Punya wibawa, punya kemauan kuat, serta biasanya gampang menyuruh-nyuruh orang lain. Orang yang menjadi pemimpin atau manajer biasanya bertipe kholeris.


4. Phegmatis

Orang phegmatis adalah orang yang cinta damai. Sifatnya mengalah, tidak mau terlibat dalam perdebatan. Kelemahannya antara lain karena terlihat lemah, serba lamban, pasif, malas, dan kadang apatis atau masa bodoh, sehingga kadang-kadang dipermainkan orang lain, kurang bisa menjadi pemimpin, lebih suka menyendiri, kurang suka akan tantangan.

Seseorang dengan tipe ini adalah seseorang yang tidak punya pendirian.



Pembagian tipe berdasarkan cairan tubuh tersebut, pada dasarnya bersifat sangat umum. Banyak orang yang mempunyai sifat gabungan dari tipe-tipe yang ada. Yang jelas dengan mengenali kepribadian sendiri, dapat membantu menemukan cita-cita atau rencana hidup selanjutnya. 

Yang pasti Nobody's perfect, tidak ada orang yang sempurna. Masing-masing orang sudah dikaruniai Tuhan kelebihan dan kekurangan.


Semoga artikel tentang tipe kepribadian berdasarkan cairan tubuh ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar