Cara Praktis Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB (POKJA)

Kartu Anggota Komunitas SIM PKB atau Kelompok Kerja (POKJA) dapat Bapak/Ibu guru cetak sendiri melalui akun SIM PKB. Kartu ini merupakan salah satu tanda bahwa Bapak/Ibu guru telah menjadi salah satu anggota komunitas di SIM PKB atau GTK kartu ini dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan alias GTK.

Untuk mendapatkan kartu ini sangatlah mudah dan praktis hanya dalam hitungan menit saja kartu tersebut siap untuk dicetak, sebetulnya informasi cara pencetakan kartu ini sudah banyak dibagikan di grup sosial media namun bagi Bapak/Ibu guru yang belum mengetahui caranya, jangan khawatir karena disini saya akan membagikannya secara lengkap agar Bapak/Ibu tidak kebingungan.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

Gambar diatas merupakan kartu anggota komunitas yang sudah siap untuk dicetak, dimana pada kartu tersebut terdapat beberapa identitas masing-masing guru mulai dari Nomor UKG, POKJA, Provinsi, Kabupaten, dan tahun 2017/2018.

Bagaimana Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB?

Apabila Bapak/Ibu ingin mencetak kartu tersebut silahkan simak panduannya berikut ini, gunakan perangkat komputer atau laptop agar prosesnya bisa lebih mudah dipraktikkan.

1. Silahkan login terlebih dahulu ke aplikasi Sim PKB menggunakan akun yang Bapak/Ibu miliki, jika belum memiliki akun SIM PKB silahkans simak panduan Registrasi SIM PKB.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

2. Apabila Bapak/Ibu sudah berhasil login maka tampilannya akan tampak seperti gambar dibawah ini, scroll ke bawah kemudian pilih tombol CETAK KARTU ANGGOTA.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

3. Apabila telah memilih tombol cetak maka tampilannya akan tampak seperti gambar dibawah ini, apabila Bapak/Ibu belum menggunakan foto profil silahkan pilih tombol pensil yang berada di bagian bawah area foto profil untuk menguploadnya.

Foto profil ini nantinya akan ikut terpampang pada kartu anggota komunitas yang akan dicetak.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

4. Setelah memilih tombol pensil maka akan muncul dialog unggah foto seperti gambar dibawah. Silahkan pilih FILE kemudian cari foto yang ingin di unggah, jika sudah ketemu pilih SIMPAN.

Pastikan foto yang dipilih memiliki ukuran tidak lebih dari 100kb, apabila ukurannya lebih dari itu maka akan gagal.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

5. Jika foto profil sudah terpasang dengan baik, Bapak/Ibu tinggal mencetaknya menjadi pdf. Pada bagian Data Komunitas pilih ikon printer, maka muncul dialog persetujuan download pilih OK.

Cara Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB

Terakhir lihat hasilnya, file tersebut memiliki format pdf jika Bapak/Ibu juga perlu memotong bagian kartu nanti pada saat dilakukan percetakan. Demikian artikel mengenai cara mencetak kartu anggota komunitas SIM PKB, semoga bisa membantu Bapak/Ibu guru.

Share This:

0 Response to "Cara Praktis Cetak Kartu Anggota Komunitas SIM PKB (POKJA)"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.