Panduan Lengkap Cara Registrasi dan Login SIM PKB 2017

Guru Pembelajaran telah mengalami perubahan yang berlaku bagi semua peserta guru bagi yang belum atau pun yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015, jadi tidak heran banyak guru yang belum mengetahui cara registrasi atau pun login ke SIM PKB terbaru 2017.

Dari yang tadinya SIM Guru Pembelajaran Online atau GPO sekarang berubah menjadi SIM PKB yaitu Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tetapi tujuannya sama dengan Guru Pembelajar yaitu untuk meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Setiap peserta bisa login menggunakan Username dan Password SIM PKB masing-masing, namun banyak para peserta yang kebingungan untuk mendapatkan akun SIM PKB.

Bagaimana caranya mendapatkan akun SIM PKB? Ada beberapa cara yang bisa Bapak/Ibu guru lakukan, yaitu:
  1. Registrasi sendiri melalui aplikasi atau halaman SIM PKB.
  2. Minta kepada operator P4TK.
  3. Minta kepada Admin Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota masing-masing.
  4. Minta kepada ketua komunitas Guru Tenaga Kependidikan (GTK).

Namun dari ke empat cara diatas yang paling mudah dan cepat adalah cara yang pertama yaitu registrasi sendiri melalui halaman SIM PKB. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan panduannya mengenai cara registrasi dan login SIM PKB secara mandiri yang bisa Bapak/Ibu guru praktekkan langsung.

Bagaimana Cara Registrasi SIM PKB? 

Agar lebih mudah dipahami silahkan simak langkah demi langkahnya sambil dipraktekkan perhatikan juga gambar pada setiap langkahnya. Agar pendaftaran berjalan dengan lancar jangan gunakan smartphone gunakanlah komputer atau laptop, tetapi jika tidak ada bisa juga menggunakan smartphone.

1. Buka Halaman Resmi SIM PKB (https://app.simpkb.id/akun/registrasi)

Langkah pertama yang Bapak/Ibu lakukan adalah mengunjungi halaman resmi registrasi SIM PKB menggunakan browser masing-masing jika sudah maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah.

Cara Registrasi dan Login SIM PKB

Bagi guru yang telah menjadi peserta UKG 2015 bisa langsung registrasi lebih cepat yaitu dengan cara memasukkan nomor peserta UKG 2015 (panah no.1) dan tanggal lahir (panah no.2), kemudian centang saya bukan robot (panah no.3) kemudian ikuti petunjuknya, dan terakhir pilih Register (panah no.4), lanjut ke langkah tiga yaitu registrasi SIM PKB.

Tetapi apabila Bapak/Ibu guru lupa atau belum menjadi peserta UKG 2015 silahkan pilih menu Cari No. UKG >> (panah no.5). lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Cari No. Peserta UKG

Setelah memilih Cari No. UKG maka tampilan halamannya akan sama seperti gambar dibawah ini. Bagaimana cara mengisinya?

Cara Registrasi dan Login SIM PKB

Kolom Pertama: isi dengan Nama GTK atau bisa juga dengan No. Peserta UKG
Kolom Kedua: Pilih Provinsi
Kolom Ketiga: Pilih Kota

Jika sudah diisi semua dengan benar silahkan pilih Cek GTK (panah no.4), maka akan muncul informasi Data GTK (nama, No peserta UKG) dan Instansi silahkan catat no tersebut. Apabila No peserta UKG diawali dengan nomor 2015 berarti sudah melakukan pada tahun 2015.

Silahkan klik No. Peserta UKG (panah no.5) agar anda diarahkan ke halaman registrasi secara otomatis dengan nomor tersebut.

3. Registrasi Peserta SIM PKB

Langkah ketiga ini baru kita mulai melakukan registrasi, apabila anda mengklik nomo peserta UKG pada langkah sebelumnya maka nomor tersebut akan secara otomatis terisi, tapi jika tidak terisi secara otomatis silahkan tulis secara manual (panah no.1).

Cara Registrasi dan Login SIM PKB

Selanjutnya masukkan tanggal lahir (panah no.2), kemudian centang Saya bukan robot (panah no.3), jika dirasa sudah benar silahkan pilih Register (panah no.4).

Selanjutnya maka akan muncul kolom persetujuan silahkan pilih SETUJU, kemudian simpan file pdf Surat Pemberitahuan Akses Layanan tersebut disana tercantum rincian akun SIM PKB yaitu Email dan Password yang telah Bapak/Ibu daftarkan agar tidak lupa silahkan di print.

Sampai pada langkah ini Bapak/Ibu telah berhasil melakukan registrasi di aplikasi SIM PKB 2017, selanjutnya Bapak/Ibu tinggal melakukan login. Untuk panduan mengenai cara login silahkan simak dibawah ini.

Cara Login SIM PKB

Untuk melakukan login dibutuhkan email dan password yang telah Bapak/Ibu dapatkan pada saat registrasi menggunakan panduan sebelumnya yang tercantum pada Surat Pemberitahuan Akses Layanan.

1. Silahkan buka halaman login aplikasi SIM PKB , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Masukkan Email dan Password yang telah Bapak/Ibu dapatkan pada saat registrasi kemudian pilih tombol Login.

Cara Registrasi dan Login SIM PKB

2. Setelah Login dan masuk ke halaman selanjutnya silahkan lakukan validasi data Mpel dan Satmikal yaitu dengan cara menekab tombol Edit, jika telah sesuai dengan PTK silahkan pilih Simpan.

Bagi Bapak/Ibu yang belum mengikuti UKG maka akan muncul pemberitahuan yang mewajibkan untuk mengikut preset.

Cara Registrasi dan Login SIM PKB

Jika berhasil maka tampilan halamannya akan tampak seperti gambar diatas dimana terlihat data PTK Bapak/Ibu guru dan capaian kompetensi yang belum memenuhi dan yang sudah memenuhi. Selanjutnya Bapak/Ibu guru diharuskan untuk mendaftar menjadi anggota Komunitas SIM PKB.

Apabila Bapak/Ibu sebelumnya sudah memiliki akun atau telah mengikuti UKG 2015 tetapi lupa password akunnya silahkan simak panduan mengatasi lupa password SIM PKB.

Demikianlah artikel mengenai panduan cara registrasi dan login SIM PKB 2017 ini semoga bisa membantu Bapak/Ibu guru yang sedang kebingungan. Bagi Bapak/Ibu guru yang belum memiliki Modul SIM PKB silahkan baca di Kumpulan Modul SIM PKB 2017.

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Registrasi dan Login SIM PKB 2017"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.