Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan dengan Tepat

Halo sob kali ini saya akan menjelsakan tentang Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan dengan Tepat agar sesuai dengan minat dan bakat yang sobat miliki.

Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan dengan Tepat

Agar lebih berdaya dan berhasil guna dalam proses mencari pekerjaan, maka perlu ada hal-hal yang harus diperhatikan sebagai langkah penting mencari pekerjaan, diantaranya:
  1. Mencari dan mengumpulkan semaksimal mungkin tentang aneka macam jenis pekerjaan, jabatan, atau karier, serta lowongan pekerjaan yang ada di berbagai lembaga atau usaha, baik yang dikelola oleh pemerintah atau swasta, baik yang diselenggarakan di dalam negeri atau luar negeri.
  2. Memahami pola pembangunan daerah dalam hal pengembangan sumber daya alamnya yang selaras dengan semangat otonomi daerah.
  3. Mengolah informasi tentang berbagai jenis pekerjaan, disortir, dan akhirnya dipilih, serta mempersiapkan diri seperlunya sesuai dengan jenis pekerja yang diinginkan.
  4. Mengupayakan adanya kegiatan latihan kerja atau magang agar lebih memiliki pengalaman yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kelak akan dipilih atau dijalani.
  5. Ketika akan melamar pekerjaan tertentu, pastikan bahwa segala persyaratan sudah dipenuhi atau disiapkan dengan benar dan lengkap.
  6. Jika kamu akan berwiraswasta atau menciptakan pekerjaan sendiri (usaha mandiri) maka perlu dipersiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan jenis usaha itu.
  7. Ada hal yang tidak bisa disiapkan dan datang secara tak terduga, yaitu keberuntungan. Tiba-tiba ada yang menawarkan pekerjaan dan mengajakmu berbisnis sehingga dengan mudah dan cepat suatu pekerjaan didapatkan. Keberuntungan itu tak bisa ditiru, maka jangan terpaksa oleh kenyataan semacam ini, tetaplah berusaha sebagaimana mestinya.

Kembali Kepada Kamu Sendiri

Sekarang, segala sesuatu diserahkan kembali kepada setiap pribadi untuk mengolah data atau informasi tentang dunia kerja. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:
  1. Nilai plus pribadi, misalnya kelebihan dalam hal pengalaman, keterampilan, penguasaan bahasa asing tertentu, dan prestasi-prestasi lainnya. Bukti fisik seperti piagam penghargaan, sertifikat, dan sebagainya yang anda miliki akan berperan penting pada saatnya. Oleh karena itu, perhatikan dengan saksama tentang persyaratan-persyaratan yang diminta pada lowongan pekerjaan.
  2. Lowongan yang ada biasanya tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja, sehingga pemilik lowongan kerja akan menyeleksi dengan ketat bagi calon tenaga kerja, dan akan dipilih beberapa saja yang dinilai terbaik. Maka perlu persiapan mental untuk menghadapi kenyataan ini.
  3. Perlu kiranya membangun relasi dengan kenalan, teman, atau banyak pihak, sebab biasanya dari merekalah biasanya seseorang akan mudah mendapatkan informasi dan lowongan pekerjaan, dan mereka yang mungkin akan mengajakmu bergabung dengan mereka.
  4. Siapkan selalu arsip-arsip asli atau foto kopi ijazah, berkas administrasi pribadi, surat-surat keterangan, foto, Kartu Tanda Penduduk atau Kartu Keluarga, dan data-data lain yang dibutuhkan, juga hal-hal lain yang sekiranya penting dan dapat melengkapi.
  5. Siapkan diri sebaik mungkin dan perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur psikologis seperti IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient), tes tertulis, wawancara, kesehatan fisik, dan sebagainya. Simak juga pemahaman megenai cara Mengintegrasikan Kecerdasan IQ, EQ, dan SQ.

Berdasarkan informasi di atas, para siswa mulai memikirkan dan memerhatikan secara sungguh-sungguh perihal kegiatan lanjutan setelah lulus SMA. Dunia kerja dapat dijadikan pilihan apabila belum ingin kuliah, ataupun kuliah sambil kerja.

Ada sedemikian banyak lapangan pekerjaan, ada sekian banyak peluang dalam mengelola alam ini, dan ada sekian persyaratan untuk mencapai itu semua. Oleh karena itu, menjadi penting apabila para siswa sudah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri, sehingga pada saatnya nanti akan menuai dan menikmati hasil yang terbaik.

Semua kembali kepadamu. Mulai sekarang ada baiknya jika sudah mulai senang membaca literatur atau tulisan dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Manakah jenis atau lapangan pekerjaan yang diminati?

Silahkan pilih dan upayakan sebaik mungkin. Jangan lupa, dalam setiap usaha dan upaya, sertakan doa dan mohon petunjuk dari Tuhan, berdiskusi dengan orang dewasa yang dipercayai atau guru.

Semoga artikel tentang Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan dengan Tepat ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Share This:

0 Response to "Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan dengan Tepat"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.