Asas dan Sarana Hubungan Internasional

Kali ini kita akan membahas tentang Asas dan Sarana Hubungan Internasional secara lengkap agar dapat dengan mudah dipahami dan dipelajari oleh teman-teman, Apa asas-asas dalam hubungan internasional dan apa saja sarana-sarana hubungan internasional? nah silahkan simak penjelasan dibawah ini dengan baik.

Asas dan Sarana Hubungan Internasional

Asas-Asas dalam Hubungan Internasional

Dalam menjalin hubungan internasional terdapat beberapa asas yang harus ditaati yaitu sebagai berikut.

a. Asas Teritorial

Asas teritorial adalah hak dari suatu negara atas wilayahnya, berhak menegakkan hukum terhadap barang dan semua orang yang berada di wilayahnya.

b. Asas Kebangsaan

Asas kebangsaan adalah kekuasaan negara atas warga negaranya, setiap warga negara dimanapun ia berada tetap mendapatkan perlakuan hukum dari negaranya. Asas ini memiliki kekuatan eksteritorial yaitu hukum negara tersebut tetap berlaku bagi warga negaranya walaupun berada di negara asing.

c. Asas Kepentingan Umum

Asas kepentingan umum yaitu negara dapat melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat. Negara dapat menyesuaikan diri dengan semua peristiwa yang ada hubungannya dengan kepentingan umum. Hukum tidak terbatas oleh wilayah suatu negara.


Sarana-sarana Hubungan Internasional

Dalam kegiatan hubungan internasional dibutuhkan beberapa sarana untuk menjadikan proses hubungan internasional berlangsung secara efisien dan efektif. Menurut J. Fradhel, beberapa sarana yang dapat digunakan oleh negara-negara di dunia adalah sebagai berikut.

a. Diplomasi

Diplomasi merupakan segala bentuk kegiatan untuk menentukan tujuan dengan menggunakan kemampuannya untuk mencapai tujuan tersebut, menyesuaikan kepentingan nasional dengan negara lain, menyelaraskan tujuan nasional dengan negara lain, serta menggunakan saran dan kesempatan dengan sebaik-baiknya.

b. Propaganda

Pengertian propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk memengaruhi pikiran. emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum, bukan kepada pemerintahannya. Informasi apapun dapat dijadikan bahan propaganda, tanpa adanya batas media.

c. Ekonomi, sosial, dan budaya

Secara ekonomi digunakan oleh perwakilan diplomatik secara luas, baik di masa damai maupun di masa perang. Dalam masa damai bisa dalam bentuk perdagangan atau bantuan internasional. Dalam masa perang bisa dalam bentuk tindakan blokade ekonomi. Bidang sosial budaya pun dapat mendukung bidang ekonomi sekaligus sarana untuk mempererat hubungan internasional.

d. Kekuatan militer

Sarana ini mampu memberikan kepercayaan diri suatu negara untuk menghadapi berbagai tekanan dan ancaman yang mungkin dilancarkan oleh negara lain. Secara umum sarana-saran hubungan internasional dibagi menjadi sebagai berikut. 

(1). Sarana formal yaitu kementerian luar negeri, perwakilan diplomatik, dan perwakilan konsuler.

(2). Sarana informal yaitu alat komunikasi canggih, pertandingan olahraga internasional, dan sarana informasi lainnya.


Demikian pembahasantentang Asas dan Sarana Hubungan Internasional, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang dan bisa membantu teman-teman belajar. 

Share This:

0 Response to "Asas dan Sarana Hubungan Internasional"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.