Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Deskripsi Cultural Universal

Selain itu Koentjaraningrat membagi lembaga sosial berdasarkan deskripsi cultural universal dari C. Kluckhohn menjadi tujuh, yaitu sebagai berikut.

Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Deskripsi Cultural Universal

1. Kinship atau Domestic Institutions
Tipe lembaga sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hubungan kekerabatan. Misalnya lembaga perkawinan.

2. Economic Institutions
Lembaga sosial ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan mata pencaharian hidup. Misalnya industri, pertanian, peternakan, perikanan, dan lain-lain.

3. Educational Institutions
Lembaga sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan penerangan atau pendidikan. Misalnya sekolah, universitas, lembaga pendidikan dan keterampilan, serta berbagai lembaga penyuluhan, seperti pertanian.

4. Esthetic and Recreational Institutions
Lembaga sosial tipe ini pada dasarnya dibentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam menyatakan rasa keindahan. Misalnya seni tari, seni lukis, seni pahat, dan seni vokal.

5. Scientific Institutions
Lembaga sosial yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia dalam menyelami alam semesta. Misalnya lembaga penelitian.

6. Religious Institutions
Lembaga sosial tipe ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melakukan hubungan dengan tuhan. Misalnya berbagai tempat ibadah, seperti masjid, gereja, pura, wihara, dan klenteng.

7. Political Institutions
Lembaga sosial ini dibentuk dengan tujuan pemenuhan kebutuhan jasmaniah manusia. Sebagai contoh adalah dibentuknya klub olahraga, seperti senam, bulu tangkis, tenis, dan lain-lain.

Nah itu lah pembahasan mengenai IPS Sosiologi tentang Tipe Lembaga Sosial Berdasarkan Deskripsi Cultural Universal, semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

Share This: