Teknik Lompat Jangkit (Hop, Step, and Jump)

Lompat jangkit adalah suatu lompatan yang terdiri atas sebuah jingkat (hop), sebuah langkah (step) dan sebuah lompat (jump) yang dilakukan secara berurutan dan terpadu.

Sedangkan rangkaian urutan geraknya secara lengkap dimulai dari awalan kemudian jingkat, melangkah dan diakhiri dengan melompat seperti pada lompat jauh.

Teknik Lompat Jangkit

1. Teknik Lompat Jangkit

Unsur-unsur pokok lompat jangkit sama dengan lompat jauh dan lompat tinggi. Perbedaannya adalah sebelum melakukan tolakan untuk melompat didahului dengan melakukan tolakan untuk berjingkat. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu teknik lompat jangkit :

a. Awalan atau ancang-ancang (Approach Run)

Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jangkit adalah sebagai berikut.
  1. Tergantung dari tingkat prestasi, lari ancang-ancang bervariasi antara 10 langkah (untuk atlet pemula) dan 20 langkah (bagi atlet top).
  2. Kecepatan lari ancang-ancang semakin dipercepat sampai pada saat bertolak.

b. Tolakan (Take Off)

Tumpuan pada balok tumpuan harus sedemikian rupa sehingga kecepatan tidak banyak berkurang. Fase tolakan atau tumpuan lompat jangkit dibagi atas tiga tahap yaitu tolakan pada waktu berjingkat, tolakan pada waktu melangkah, dan tolakan pada waktu melompat.
1. Tolakan pada waktu berjingkat
  1. Kaki penolak harus mendarat dengan aktif dan siap menendang, ayunkan paha kaki bebas (kaki yang tidak digunakan untuk menolak)ke posisi horizontal.
  2. Bertolak ke depan dan ke atas.
  3. Untuk "jingkat" yang panjang dan datar tariklah kaki penolak kedepan atas dan tarik kaki bebas ke bawah dan ke belakang.

2. Tolakan pada waktu melangkah
  1. Bertolak dengan cepat, luruskan mata kaki, sendi lutut dan pinggang, ayunkan paha kaki bebas ke posisi horizontal.
  2. Pada waktu gerak "langkah", posisi bertolak dipertahankan untuk mempersiapkan gerak "lompat", luruskan kaki bebas ke depan dan ke bawah.

3. Tolakan pada waktu melompat
  1. Bertolaklah dengan cepat, ayunkan paha kaki bebas ke posisi horizontal.
  2. Untuk lompat yang jauh, tahap melayang melibatkan teknik menggantung atau teknik melangkah.
  3. Tarik tubuh kedepan bawah untuk mendarat, dan bawa lengan ke depan.

c. Sikap mendarat (Landing)

Sikap mendarat pada lompat jangkit sama halnya seperti pada lompat jauh cara melakukan pendaratan pada lompat jangkit adalah sebagai berikut :
  1. Pada waktu akan mendarat kedua kaki diangkat atau dibawa ke depan lurus.
  2. Badan dibungkukkan ke depan dan kedua tangan dari atas dibawah ke depan.
  3. Kemudian mendarat pada kedua kaki dengan mengeper dengan cara membengkokkan kedua lutut.
  4. Berat badan dibawa ke depan supaya jangan terjatuh kebelakang, kepala ditundukkan, kedua tangan ke depan.

2. Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Lompat Jangkit

  1. Awalan kurang tepat.
  2. Panjang langkah kurang teratur.
  3. Awalan yang dipercepat pada saat akan menumpu pada balok tumpuan.
  4. Jarak awalan yang terlalu pendek.
  5. Tolakan membentuk sudut yang terlalu besar, sehingga lompatan melambung tinggi.
  6. Jengkeknya hanya sekedar menerima berat badan saja, tidak mampu melenting untuk membuat langkah lebar.
  7. Lompatan kedua (langkah) hanya pendek saja, tidak kelihatan adanya saat melayang.

Nah itu lah pembahasan mengenai Teknik Lompat Jangkit (Hop, Step, and Jump), semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.