Teknik Ayunan Tangan, Kaki, Pernapasan, dan koordinasi Renang Gaya Bebas

Gaya bebas (crawl) adalah gaya berenang yang bisa membuat tubuh seseorang melaju lebih cepat di air, dibandingkan gaya berenang lainnya. Tidak seperti halnya gaya punggung, gaya dada, dan gaya kupu-kupu, FINA sebagai federasi renang internasional, tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas.

Kombinasi yang tepat antara gerakan tangan, gerakan kaki, dan pengambilan napas yang tepat dalam berenang gaya bebas membuat seseorang meluncur lebih cepat di dalam air.

Renang Gaya Bebas

1. Teknik Renang Gaya Bebas

Teknik dasar gerakan renang gaya bebas yang akan kita pelajari yaitu:
  • Teknik ayunan tangan ke atas.
  • Teknik ayunan kaki.

2. Teknik Ayunan Tangan dan Kaki pada Renang Gaya Bebas

a. Teknik Ayunan Tangan ke Atas

Cara melakukan ayunan tangan ke atas adalah sebagai berikut:
  1. Ambilah napas. Telapak tangan dari tangan yang di belakang menghadap ke atas.
  2. Angkat sikut, biarkan telapak tangan ikut bergerak juga.
  3. Sikut anda harus dalam keadaan ditekuk 90 derajat sewaktu telapak tangan bergerak melewati wajah kalian.
  4. Jangkauan tangan ke depan melewati atas tabung imajinasi.
  5. Ujung jari harus menyentuh air terlebih daripada sikut.
  6. Putar wajah ke arah bawah, luruskan tubuh, meluncur, kedua tangan terjulur ke depan.
  7. Kayuh, masuk ke posisi meluncur-miring pada sisi tubuh yang sebelah, wajah tetap menghadap ke bawah dan hembuskan napas.
  8. Lakukan gerakan yang sama dengan tangan yang sebelah.

b. Teknik Ayunan Kaki

Cara melakukan teknik ayunan kaki adalah sebagai berikut:
  1. Kedua kaki digerakkan naik turun secara bergantian ke atas dan ke bawah, gerakan kaki dimulai dari pengkal paha (sumbu gerak).
  2. Perlu diperhatikan, bahwa pada menggerakkan kaki naik turun (antara kaki kanan dan kiri) keadaan kaki harus lurus tetapi tidak kaku dan gerakan kaki tersebut harus dapat mengibaskan air sebanyak-banyaknya atau sepenuhnya.

3. Pernapasan

Dalam renang gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan ketika lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh dalam posisi miring dan kepala berpaling ke samping.

Pada waktu mengambil napas, perenang dapat memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Ketika mengambil napas, posisi kepala jangan diangkat  ke atas, tetapi hanya tolehkan ke arah samping kanan atau kiri. Pilih lah salah satu yang menurut anda lebih cocok.

4. Koordinasi Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas memerlukan koordinasi yang baik antara gerakan kaki, gerakan tangan, teknik pengambilan napas, teknik pengeluaran napas, serta penempatan posisi badan yang benar.

Pergerakan dimulai dari posisi mengapung telungkup, dengan posisi kaki diayunkan. Ayunkan kedua kaki bergantian ke atas dan kebawah secara terus menerus.

Ayunkan tangan kiri ke depan untuk masuk kembali ke dalam air, sedangkan tangan kanan digerakkan naik ke permukaan air. Pada saat itu, gerakan kepala ke kanan untuk mengambil napas.

Namun, jika anda lebih suka bernafas ke kiri, maka ayunkan tangan kanan ke depan untuk masuk kembali ke dalam air dan tangan kiri akan naik ke permukaan air. Saat itu tolehkan kepala ke kiri untuk mengambil napas.

Ulangi langkah-langkah tersebut dengan tetap selalu menggerakkan kaki keatas dan kebawah.

Koordinasi gerakan ayunan tangan atas, gerakan kaki, dan sistem pernapasan pada renang gaya bebas agak rumit dilakukan secara bersamaan, sehingga beberapa kesalahan terkadang dilakukan selama berenang dengan gaya bebas.

Untuk itu silahkan simak video dibawah ini agar pemahaman mengenai Teknik Ayunan Tangan, Kaki, Pernapasan, dan koordinasi Renang Gaya Bebas dapat dipahami dengan baik.

Supaya lebih memahami tekniknya anda bisa menyimak videonya berikut ini yang diperagakan oleh perenang profesional.

Share This: