Klasifikasi Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan dan Modal yang Digunakan

Halo teman-teman kali ini akan membagikan artikel mengenai Klasifikasi Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan dan Berdasarkan Modal yang Digunakan dan akan saya jelaskan satu persatu secara lengkap, agar teman-teman dapat dengan mudah memahami pembahasan ini. yuk langsung saja kita bahas.

Klasifikasi Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan dan Modal yang Digunakan

Klasifikasi Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan

Berdasarkan barang yang dihasilkan, industri dapat dibedakan menjadi.

1. Industri Berat, yaitu industri yang menghasilkan mesin-mesin atau alat produksi lainnya. Misalnya industri alat-alat berat. industri mesin, dan industri percetakan.

2. Industri Ringan, yaitu industri yang menghasilkan barang siap pakai untuk dikonsumsi. Misalnya industri makanan, dan industri minuman.

Klasifikasi Industri Berdasarkan Modal yang Digunakan

Berdasarkan modal yang digunakan, industri dapat dibedakan menjadi.

1. Industri dengan Penanaman Modal dalam Negeri (PMDN), yaitu industri yang memperoleh dukungan modal dari pemerintah atau pengusaha nasional (dalam negeri). Misalnya industri kerajinan, industri pariwisata, dan industri makan dan minum.

2. Industri dengan Penanaman Modal Asing (PMA), yaitu industri yang modal nya berasal dari penanaman modal asing. Misalnya industri komunikasi, industri perminyakan, dan industri pertambangan.

3. Industri dengan Modal Patungan (join venture), yaitu industri yang modalnya berasal dari hasil kerja sama antara PMDN dan PMA. Misalnya industri otomotif, industri transportasi, dan industri kertas.

Nah itu lah pembahasan mengenai Klasifikasi Industri Berdasarkan Barang yang Dihasilkan dan Berdasarkan Modal yang Digunakan, semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.