7 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Halo teman-teman kali ini Materiku akan membagikan artikel mengenai Pengertian Sosial Menurut Para Ahli dan akan saya jelaskan satu persatu pendapat para ahli mengenai pengertian perubahan sosial.

Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Pada dasarnya, perubahan tersebut proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan yang terjadi pada masyarakat disebut perubahan sosial, yaitu gejala umum yang terjadi sepanjang masa pada setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.

Perubahan sosial memiliki makna yang sangat luas dan mencakup berbagai segi kehidupan manusia, seperti ekonomi, sosial, dan politik. Oleh karena itu, perubahan sosial budaya yang terjadi dalam suatu masyarakat menyangkut perubahan nilai, pola perilaku, organisasi sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, serta kemasyarakatan.

Pengertian Perubahan Sosial

Berikut beberapa pendapat menurut para ahli tentang perubahan sosial.

1. Selo Soemardjan
Perubahan sosial adalah perubahan pada lambang-lambang kemasyarakatan didalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

2. Kingsley Davis
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, munculnya organisasi buruh dalam masyarakat kapitalis menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan antara buruh dengan majikan. Hal ini juga sama dengan organisasi-organisasi lainnya.

3. William F. Ogburn
Perubahan sosial menekankan pada kondisi teknologis yang menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek-aspek kehidupan sosial, seperti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat berpengaruh terhadap pola pikir masyarakat.

4. Robert Maclver
Perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial (Social Relationship) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

5. Samuel Koening
Perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi-modifikasi ini dapat terjadi karena faktor-faktor intern maupun ekstern.

6. J.L. Gillin dan J.P Gillin
Mereka melihat perubahan sosial sebagai suatu variasai dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

7. Parsudi Suparlan
Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dalam pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

Itulah 7 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli yang dapat saya jelaskan, jangan lupa baca juga mengenai teori yang menjelaskan tentang perubahan sosial. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman mempelajari tentang perubahan sosial.

0 Response to "7 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.