Inilah 4 Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Sekolah tinggi pariwisata saat ini masih sedikit yang ada di Indonesia mengingat ilmu pariwisata baru diakui secara resmi pada tahun 2008 sebagai ilmu mandiri, berbeda dengan ilmu lainnya bahkan lulusan jurusan ini di Indonesia masih terbilang sedikit jika dibandingkan dengan ilmu-ilmu lainnya.

Lantas apakah dengan ilmu yang tergolong masih baru ini seseorang bisa sukses di masa depan, dan mendapatkan kesejahteraan dalam hidupnya seperti jurusan lain?

Tentu saja bisa karena semakin hari semakin banyak perusahaan terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata yang membutuhkannya dan Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali tempat-tempat pariwisata yang menjadi tujuan wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Sekolah Tinggi Pariwisata

4 Jurusan Pariwisata dan Prospek Kerjanya

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai universita tinggi pariwisata ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jurusan-juruan yang ada di jurusan pariwisata. Jurusan pariwisata terbagi menjadi empat yaitu:
  • Hospitality atau pengelolaan pariwisata
  • Usaha perjalan wisata
  • Manajemen bisnis perjalanan wisata
  • Perhotelan dan administrasi hotel
1. Jurusan Hospitality atau Pengelolaan Pariwisata, jurusan ini menerapkan program pendidikan pariwisata yang berbasis pada keilmuan sampai dengan pengambilan keputusan suatu kebijakan mengenai pariwisata.

Fokus keilmuan yang diajarkan pada jurusan ini yaitu mempelajari manajemen pariwisata dan keakomodasian. Karena bersifat keilmuan orang yang berhasil lulus dari jurusan ini akan menyandang gelar Sarjana Pariwisata (S.Par).

Pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan dari jurusan ini diantaranya bekerja di bidang industri pariwisata, penelitian, pemerintahan, dosen atau guru profesional dalam bidang pariwisata, dan konsultan pariwisata.

2. Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, berbeda dengan jurusan yang pertama jurusan ini berbasis pada pendidikan vokasi dengan jenjang Ahli Madya, pendidikan yang diberikan pada jurusan ini di fokuskan kepada pendidikan keterampilan dibidang pengelolaan usaha perjalanan wisata atau tour, orang yang berhasil lulus dari jurusan ini mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md. Par).

Pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan dari jurusan ini bisa bekerja dibidang jasa perjalanan wisata, ticketing, chargo atau kuring, guiding, dan lainnya.

3. Jurusan Manajemen Bisnis Perjalanan Bisnis, jurusan ini berbasis pada pendidikan vokasi yang setara dengan sarjana Strata Satu (S1) dan Diploma 4 (D4) oleh karena itu gelar yang disandang oleh orang yang berhasil lulus dari jurusan ini juga beragam, diantaranya yaitu Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST.Par).

Yang diajarkan pada jurusan ini yaitu keterampilan untuk Manajemen atau Pengelolaan Bidang Usaha Wisata entah itu Travel Biro atau pun produk jasa pariwisata perjalanan seperti chargo, guiding, ticketing, dan produk lainnya.

Pekerjaan yang bisa didapatkan untuk lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang travel dan tour seperti guide, Tour Planner, Ticketing, Ekspedisi Peti Kemas, Transportasi, Dosen praktisi dibidang pariwisata, serta bidang pariwisata pemerintahan.

4. Jurusan Perhotelan dan Administrasi Hotel, jurusan ini memiliki perbedaan masing-masing untuk Jurusan Perhotelan memiliki jenjang pendidikan Diploma 3 dan gelar yang disandang oleh orang yang berhasil lulus dari jurusan ini yaitu Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Sedangkan untuk jurusan Administrasi Hotel memiliki jenjang pendidikan Diploma 4 dan orang yang berhasil lulus dari jurusan ini mendapatkan gelar Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.ST.Par)

Pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan dari jurusan ini adalah dibidang industri perhotelan tetapi tidak menutup kemungkinan dapat bekerja secara profesional dalam bidang usaha Cafe, Bakery, Restaurant, dan lainnya. Selain itu juga dapat bekerja sebagai Dosen di bidang pariwisata dan pariwisata pemerintahan.

4 Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia

Nah setelah mengetahui mengenai berbagai jurusan pariwisata kali ini saya akan mengulas beberapa sekolah tinggi atau universitas pariwisata yang ada di Indonesia. Yuk! silahkan simak.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan

Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik
Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan menyediakan dua jurusan yakni jurusan manajemen perhotelan dan usaha wisata. Untuk jurusan manajemen perhotelan sudah mendapatkan akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Berikut ini fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk jurusan manajemen perhotelan untuk jurusan perhotelah:
  1. Kitcen Labolatory, sesuai namanya Kitcen Labolatory merupakan dapur berstandar industri hotel dan memiliki fasilitas lengkap untuk memasak berbagai macam masakan mulai dari masakan panas hingga masakan dingin.
  2. Pastry Kitchen, ini merupakan dapur khusus berstandar industri yang dapat digunakan untuk membuat produk patisserie dan berbagai macam jenis roti lengkap dengan peralatan lainnya.
  3. Fine Dining Restaurant, ini merupakan resotran ala fine dining yang digunakan oleh mahasiswa untuk praktikum tata hidang makanan dan minuman.
  4. Labolatorium Sistem Reservasi Galileo, merupakan laboratorium komputer yang digunakan oleh para mahasiswa untuk berlatih reservasi dengan menggunakan sistem reservasi Galileo.
  5. Front Office Counter, merupakan pusat hotel untuk mahasiswa yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan baik dan berkualitas.
Jurusan manajemen perhotel sekolah tinggi ini juga pernah menyabet beberapa prestasi diantaranya adalah juara 1 Making Bed Competition - The Soul of Nation dan Certificate of Appreciation for The Best Paper - ICGTD 2016.

Untuk jurusan Manajemen Usaha Wisata juga telah mendapatkan akreditasi "A' dari BAN-PT, berikut ini fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk jurusan Manajemen Usaha Wisata:
  1. Travel Counter Simlulation Room, merupakan ruangan simulasi yang biasa digunakan untuk praktik Perencanaan dan Operasional Perjalanan Wisata, dalam praktiknya mahasiswa akan melakukan simulasi bertemu langsung dengan tamu untu menjual beberapa paket wisata.
  2. Guiding Simulation Room, merupakan ruangan yang di desain seperti didalam bus asli digunakan untuk latihan memandu.
  3. Laboratorium Sistem Reservasi Galileo, laboratorium komputer yang digunakan oleh mahasiswa untuk berlatih reservasi menggunakan sistem reservasi Galileo.
  4. Tour Bus, Buss STPPH merupakan bus khusus yang digunakan untuk latihan memandu dan praktik lapangan baik didalam kota maupun diluar kota.
Beberapa prestasi jurusan Manajemen Usaha Wisata ini juga pernah menyabet beberapa prestasi diantaranya juara 1 dan 3 kompetisi memandu dan juara kompetisi pariwisata indonesia 7.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik
STP Sahid menawarkan program pendidikan formal dan non formal, untuk program pendidikan formal jenis pendidikannya yaitu vokasi dalam bidang Hostpitality dan Usaha Wisata pada jenjang Diploma 1, 2, dan 3.

Untuk non formal juga sudah bersertifikat resmi dari BNSP yaitu Badan Nasional Sertifikat Profesi. Berikut ini Program Pendidikan yang tersedia di STP Sahid:
  1. D4 Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par), merupkaan program vokasi perhotelan dengan masa studi 4 tahun.
  2. D3 Ahli Madya Perhotelan (A.Md.Par), merupakan program vokasi perhotelan dengan masa studi 3 tahun.
  3. D1 Ahli Pratama Perhotelan (A.P.Par), merupakan program vokasi perhotelan dengan masa studi 1 tahun.
  4. D4 Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par), merupakan program vokasi pariwisata dengan masa studi 4 tahun.
  5. D3 Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par), merupakan program vokasi pariwisata dengan masa studi 3 tahun.
  6. D1 Ahli Pratama Pariwisata (A.P.Par), merupakan program vokasi pariwisata degan masa studi 1 tahun.
 Berikut ini fasilitas-fasilitas yang tersedia di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid:
  1. Kitchen Lab
  2. Pastry Lab
  3. Restaurant Lab
  4. Front Office
  5. Library
  6. Housekeeping Lab
  7. Travel Bus
  8. Auditorium
  9. Parking Area

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik
Sekolah Tinggi Praiwisati Trisakti merupakan sekolah tinggi pertama yang menyelenggarakan Program Diploma 4 paling perama di Indonesia dan sudah berkiprak dalam dunia pariwisata dan pendidikan selama 44 tahun lebih.

Berikut ini program studi yang disediakan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti yang telah terakreditasi oleh BAN-PT:
  1. D1 Perhotelan
    - Akreditasi A
    - 2 Semester
  2. D3 Perhotelan
    - Akreditasi A
    - 6 Semester
  3. D4 Perhotelan
    - Akreditasi A
    - 8 Semester
  4. D4 Usaha Perjalanan Wisata
    - Akreditasi A
    - 8 Semester
  5. S1 Perhotelan dan Pariwisata
    - Akreditasi B
    - 8 Semester
  6. S2 Pariwisata
    - Akreditasi B
    - 4 Semester
Selain ruang kelas sekolah tinggi ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang berfungsi untuk menunjang kelancaran proses belajar, fasilta-fasilta tersebut diantaranya:
  1. Laboratorium Komputer: ada 3 laboratorium komputer yang masing-masing terdiri dari 24 unit komputer dilengkapi dengan program aplikasi Windows, Maxial, Galileo.
  2. Simulasi Kantor Depan Hotel: terdiri dari 3 laboratorium untuk menunjang pembelajaran.
  3. Laboratorium Housekeeping: ada 5 model ruangan yang sesuai denga standar hotel.
  4. Bar dan Restoran: tersedia 2 ruangan yang biasa digunakan untuk praktek.
  5. Stewarding: tersedia 2 ruangan untuk pencucian peralatan.
  6. Store Room: tersedia 1 ruangan yang terdiri dari tempat menyimpan peralatan, bahan baku, dan linen.
  7. Biro Perjalanan Wisata: ruangan ini digunakan untuk pembelajaran bagi jurusan Usaha Perjalanan Wisata meliputi reservation, ticketing, dan informasi tentang Biro Perjalanan.
  8. Airline Counter: digunakan bagi mahasiswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata.
  9. Ruang Cargo: ruangan simulasi cargo dilengkapi dengan berbagai fasilitas.
STP trisakti juga suda banyak menorehkan penghargaan mulai dari tahun 1986 sampai 2016 diantaranya meraih medali perunggu dalam acara Chengzu World Martial Arts Mastership 2016 yang diselenggarakan di Korea Selatan. meraih medali emas dalam ajang Laurea Mundi Budapest Festival of Choral Music pada tahun 2016.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik
AMPTA Yogyakarta merupakan sekolah tinggi yang sudah cukup lama berkiprah dalam dunia pendidikan terutama pariwisata mengingat sekolah tinggi ini memang berada dikota yang terkenal dengan kota pariwisata dan pendidikan tentu ini menjadi salah satu penunjang dalam proses pendidikannya.

Berikut ini program studi yang tersedia di AMPTA Yogyakarta beserta akreditasi dari BAN-PT dan lama masa studi:
  1. S1 Jurusan Pariwisata
    - Akreditasi B
    - 8 Semester
  2. D3 Perhotelan
    - Akreditasi B
    - 6 Semester
  3. D4 Administrasi Hotel
    - Akreditasi A
    - 8 Semester
  4. D3 Manajemen Bisnis Perjalanan
    - Akreditasi B
    - 8 Semester
Kampus berdiri dilahan seluas 1,2 hektar dengan lingkungan yang asri dan nyaman, disini juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang proses pembelajaran, diantaranya:
  1. Laboratorium Bahasa
  2. Laboratorium Kitchen dan Pastry
  3. Laboratorium Restaurant
  4. Laboratorium Bar
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Housekeeping
  7. Bangunan Tradisional
  8. Music Studio
  9. Alat musik Gamelan lengkap
Nah itulah daftar sekolah tinggi pariwisata terbaik yang ada di Indonesia sebetulnya masih banyak sekkolah tinggi lainnya, semoga artikel ini bisa membantu anda yang berencana untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi terutama untuk jurusan pariwisata.

1 Response to "Inilah 4 Sekolah Tinggi Pariwisata Terbaik di Indonesia"

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.