Download Kisi-kisi UTN atau UKG dan Materi PLPG Terbaru 2017

Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia tentu sangatlah dibutuhkan peserta didik yang profesional. Guru harus memiliki pendidikan akademik minimal Sarjana (S1) atau Diploma empat (D4).

Guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri seiring dengan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni yang semakin hari terus-menerus berkembang. Kondisi seperti inilah yang menjadikan guru memiliki perbedaan penguasaan kompetensi yang menjadi salah satu syarat.

Oleh sebab itu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan dua skema untuk mengukur tingkat profesionalitas guru berdasarkan akademis maupun non-akademis. Untuk pengukuran akademis sudah dilakukan mulai tahun 2012 hingga sekarang bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi atau PLG yaitu dengan menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru atau biasa disingkat dengan UKG.

Tujuan diselenggarakannya UKG adalah untuk mengukur tingkat penguasaan guru di kompetensi pedagogik, level kompetensi setiap individu peserta didik, serta kompetensi profesional.

Lantas apa saja kisi-kisi UTN, UKG, dan materi PLPG di tahun 2017 ini? Ternyata kisi-kisi UTN UKG sama dengan materi PLPG, dengan kata lain materi PLPG disesuaikan dengan kisi-kisi UTN UKG.

Kabar gembira bagi Bagi Bapak/Ibu guru yang akan mengikuti PLPG, karena kisi-kisi PLPG tahun ini sudah bisa di unduh melalui situs reminya yaitu kemdiknas.swin.net.id.

Cara Download Kisi-kisi Materi PLPG 2017

Bagi guru yang ingin mengunduhnya tetapi tidak tahu caranya, jangan khawatir karena kali ini saya akan menyediakan panduan untuk mengunduh kisi-kisi materi tersebut sesuai dengan materi yang dibutuhkan. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut.

Langkah Pertama: silahkan buka situs resminya di laman Informasi Sertifikasi Guru, setelah mengunjungi alamat tersebut maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
kisi-kisi materi PLPG
Langkah Kedua: Silahkan pilih materi kisi-kisi yang ingin di unduh sebagai contoh disini saya akan mengunduh kisi-kisi bahasa Perancis pilih materi tersebut, kemudian tidak lama akan muncul tombol Buka dan Unduh.
kisi-kisi materi PLPG
Apabila Bapak/Ibu memilih tombol Buka maka materi yang dipilih akan dilihat terlebih dahulu tanpa harus mengunduhnya, tetapi apabila memilih tombol Unduh maka kisi-kisi tersebut akan diunduh tanpa ditinjau terlebih dahulu.

Banyak sekali kisi-kisi PLPG yang tersedia pada halaman tersebut yang bisa di download sesuka hati, apabila masih bingung cara mendownloadnya atau ada pertanyaan lain silahkan tulis dikolom komentar.

0 Response to "Download Kisi-kisi UTN atau UKG dan Materi PLPG Terbaru 2017"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.