Cara Praktis Mencari NISN Siswa Berdasarkan Nama secara Online

Setiap siswa dapat dipastikan memiliki satu Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa disingkat dengan NISN, bagi siswa atau siswi SD, SMP, atau SMA yang ingin mencari NISN bisa di cari sendiri tanpa menanyakan kepada pihak sekolah yaitu dengan cara mengakses situs resmi Kemdikbud.

Sebelumnya tahukah anda apa itu NISN? NISN merupakan nomor pengenal identitas siswa yang dimiliki oleh seluruh siswa siswi Indonesia yang bersifat unik setiap siswa hanya mendapatkan satu nomor saja dan nomor tersebut berbeda-beda dari seluruh siswa yang ada di Indonesia, jika memang ada yang sama berarti itu ada kesalahan dari pengelola.

Bagiamana jika saya memiliki dua nomor NISN? jika siswa memiliki lebih dari satu nomor NISN gunakanlah nomor yang sering digunakan untuk melakukan validasi data biasanya validasi data ini dilakukan oleh operator disekolahnya masing-masing, jika masalah ini terjadi segera melapor ke pengelolanya supaya dilakukan penghapusan satu nomor yaitu nomor yang tidak digunakan.

Masa berlaku nomor ini adalah seumur hidup nomor ini akan terus digunakan jika siswa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, jadi jika siswa yang sudah lulus dan ingin mengetahui nomor ini siswa bisa mengeceknya melalui situs resmi kemdikbud, meskipun sudah lulus nomor tersebut tetap bisa di cari melalui situs resminya.

Pengelolaan NISN dilakukan secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan atau biasa biasa disebut dengan PDSPK, hasil dari proses pengelolaan akan ditampilkan melalui situs resmi Nomor Induk Siswa Nasional.

Cara Mencari NISN Siswa secara Online

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek NISN dalam situs resminya yang pertama melakukan pencarian berdasarkan nama, dan yang kedua melakukan pencarian berdasarkan NISN tetapi jika anda tidak mengetahui nomor tersebut gunakan cara yang pertama.

1. Mencari NISN Siswa berdasarkan Nama

Sebelumnya silahkan persiapkan terlebih daulu data yang dibutuhkan untuk mencari berdasarkan nama, data yang dibutuhkan yaitu nama, tempat lahir, dan tanggal lahir. Jika data tersebut sudah siap silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengeceknya.

Langkah Pertama: Buka situs resmi nya berikut ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah. Kemudian pilih menu Pencarian Berdasarkan Nama silahkan isi form tersebut dengan benar jangan ada yang salah karena jika ada kesalahan penulisan satu huruf pun tidak akan muncul.
cara mencari NISN
Nama Siswa: (isi dengan nama lengkap)
Tempat Lahir: (kota kelahiran)
Tanggal Lahir: (pilih ikon kalender untuk menentukannya)

Lagnkah Kedua: Jika form tersebut sudah diisi dengan benar silahkan pilih Cari, maka akan muncul nomor NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir silahkan simpan dan catat dengan benar. Jika nomor tidak muncul silahkan hubungi operator sekolah masing-masing.
cara mencari NISN

2. Cara Mencari Data Siswa dengan NISN

Sebetulnya kita disini tidak akan mencari NISN melainkan mencari data mengenai nomor NISN yang anda miliki data tersebut antara lain nama, jenis kelamin, tempat lahir, dan tanggal lahir.

Langkah Petama: Sama seperti cara yang pertama silahkan buka sits resmi Nomor Induk Siswa nasional di alamat berikut http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data maka akan muncul halaman seperti gambar dibawah, silahkan masukkan NISN siswa kemudian pilih Cari.
cara mencari NISN

Langkah Kedua: Maka akan tampil data dari nomor NISN yang anda masukkan mulai dari nama, jenis kelamin, tempat lahir, sampai tanggal lahir.
cara mencari NISN

Demikian artikel tentang cara mencari NISN berdasarkan nama yang bisa dilakukan secara online melalui situs resmi ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu anda.

Share This:

1 Response to "Cara Praktis Mencari NISN Siswa Berdasarkan Nama secara Online"

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.