15 Alamat Website Pendidikan untuk Guru dan Siswa

Bagi guru atau siswa yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan terupdate mengenai pendidikan anda bisa mengakses informasi tersebut melalui alamat website atau situs resmi yang dikelola oleh pemerintah.

Sebagian besar website yang akan saya sajikan ini merupakan situs resmi dari pemerintah yang memiliki alamat sub domain kemdikbud dan memiliki domain go.id. Untuk memiliki domain .go.id tidak semua orang bisa memiliki domain ini karena domain ini memang dikhususkan untuk situs pemerintahan.

Jadi, jika anda ingin mengetahui situs resmi pendidikan anda bisa mencari situs yang memiliki domain go.id. Jika anda tidak memiliki waktu luang untuk mencari dan mengumpulkan website pemerintah, jangan khawatir karena disini saya akan merangkumnya secara lengkap tentunya situs ini perlu diketahui oleh guru, siswa atau pun peserta didik.

Alamat Website Pendidikan Untuk Guru dan Siswa

Alamat Website Pendidikan
1. M-Edukasi: m-edukasi.kemdikbud.go.id
M-Edukasi atau Mobile Edukasi merupakan situs yang dikelola oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan Kebudayaan (BPMPK) dibawah naungan kemdikbud kantornya beralamat di Bendan Ngisor, Semarang.

Di situs ini anda bisa menemukan berbagai macam buku pendidikan yang cukup menarik dan bisa diunduh secara gratis, selain itu M-Edukasi telah mengembangkan berbagai macam model diantaranya yaitu:
  • Mobile Edukasi
  • Game Edukasi
  • Teaching Aid
  • Katalog Media
  • Stock Media
  • E-Budaya
  • Virtual Laboratorium
  • Multi Media Pembelajaran Interaktif (CD Interaktif)
  • Multi Media Pembelajaran Interaktif On Line
2. Nomor Induk Siswa Nasional: nisn.data.kemdikbud.go.id
Situs ini merupakan situs khusus yang berkaitan dengan NISN mulai dari pengecekan secara online sampai pertanyaan terkait masalah NISN yang dikelola secara resmi oleh PDSPK atau Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Perpustakaan Dikbud: perpustakaan.kemdikbud.go.id
Seperti halnya perpusatakaan disekolah disitus ini anda bisa membaca berbagai macam buku pengetahuan secara gratis yang cukup lengkap, kantor nya beralamat Senayan Jakarta. Selain itu situs ini juga tersedia forum sebagai tempat berdiskusi dan tempat berbagi informasi kegiatan atau pun acara bersama anggota forum lainnya tetapi untuk menjadi anggota forum anda harus daftar terlebih dahulu.

4. Radio Edukasi: radioedukasi.kemdikbud.go.id
Situs ini mengalami beberapa kali pergantian nama tetapi nama yang eksis sampai sekarang yaitu BPMRPK atau Badan Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan yang berkantor di Banguntapan, Yogyakarta, sesuai namanya disini anda bisa mendengarkan radio secara online.

Tidak hanya itu saja disini juga menyediakan produk media pembelajaran audio mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, Guru, sampai dengan pembelajaran untuk penderita tunanetra tentunya produk tersebut bisa di unduh secara gratis.

5. Suara Edukasi: suaraedukasi.kemdikbud.go.id
Suara Edukasi hampir sama dengan Radio Edukasi, situs ini difungsikan untuk membina, mengembangkan, serta mengevaluasi kegiatan dalam bidang teknologi pendidikan menggunakan model pendidikan jarak jauh. Didirikan pada tahun 2009 untuk menjadi siaran radio yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar.

6. Rumah Belajar: belajar.kemdikbud.go.id
Sebagai mana moto yang terpampang dihalamannya "Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja" disini anda bisa belajar secara online bersama anggota forum lainnya, selain itu anda juga bisa membuat karya yang nantinya dipampang pada halaman karya komunitas yang tersedia pada situs ini, untuk menjadi anggota anda perlu mendaftar terlebih dahulu.

7. TV Edukasi: tve.kemdikbud.go.id
TV Edukasi merupakan situs streaming TV dimana tayangan yang disajikan didalamnya merupakan tayangan pendidikan diantaranya yaitu seni musik, yang paling menarik adalah anda bisa belajar berbagai macam alat musik seperti halnya kursus musik tetapi disini disajikan dalam bentuk video mulai dari belajar alat musik drum sampai gitar ada semua disini, bagi anda yang ingin menyaksikannya melalui ponsel anda bisa mengunduh aplikasinya secara gratis di situs ini.

8. Buku Sekolah Elektronik: bse.kemdikbud.go.id
Situs ini menyediakan berbagai macam buku pelajara elektronik yang sudah berstandar nasional mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA buku tersebut bisa anda unduh atau baca secara gratis tetapi anda perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota.

9. Ujian Nasional: un.kemdikbud.go.id
Website ini menyajikan konten seputar Ujian Nasional diantaranya kisi-kisi yang bisa di unduh secara gratis, informasi terbaru mengenai UN, dan ketentuan mengenai peraturan ijazah dan SKHUN bagi anda para peserta didik dan siswa terutama yang akan lulus tentunya website ini akan membantu anda untuk mengetahui informasi mengenai Ujian Nasioanl secara resmi.

10. Program Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia: kosakata.kemdikbud.go.id
Disini anda bisa ikut berpartisipasi dalam Program Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan website ini supaya seluruh masyarakat Indonesia ikut andil untuk memasukkan kata-kata baru dengan tujuan supaya dapat memperkaya bahasa Indonesia dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jika anda memiliki kosakata yang baru dalam bahasa Indonesia dan belum masuk kedalam daftar KBBI anda dapat mengajukannya, dengan syarat:
  1. Unik, belum ada dalam KBBI.
  2. Sesuai kaidah Bahasa Indonesia.
  3. Memiliki konotasi baik.
  4. Enak didengar.
Apabila telah memenuhi syarat diatas, anda bisa melakukan pendftaran melalui websitenya. Selanjutnya ikuti petunjuk dan aturan yang diberikan, secara otomatis situs tersebut akan mengolah kosakata yang anda ajukan apakah kata tersebut sudah ada di KBBI atau belum.

11. Biro Umum: biroumum.kemdikbud.go.id
Website ini menyajikan konten seputar Biro Umum diantaranya yaitu pengelolaan keuangan dan gaji, ketatausahaan, pembinaan dan pengelolaan persuratan, kearsipan barang milik negara, serta kerumahtanggaan dan keprotokolan di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

12. Forum Arkeologi: forumarkeologi.kemdikbud.go.id
Forum Arikeologi merupakan media yang berfungsi untuk menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kebudayaan pada masa lalu berdasarkan penelitian dan kajian ilmiah. Forum Arkeologi ini diterbitkan oleh Balai Arkeologi Bali yang didirikan pada tahun 1988 forum ini juga telah terakreditasi sebagai jurnal ilmiah nasional.

13. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah: lppks.kemdikbud.go.id
LPKKS merupakan website yang menyajikan artikel seputar kepala sekolah mulai dari agenda, berita, hingga pengumuman bisa anda temukan disini. Visi utamanya yaitu untuk menyiapkan, mengembangkan, dan memberdayakan pengawas dan kepala sekolah yang berjiwa wirausaha, profesional, dan amanah.

14. Ruang Guru PAUD: anggunpaud.kemdikbud.go.id
Bagi anda peserta didik PAUD ini merupakan website yang harus anda ketahui karena disana anda dapat menemukan berbagai macam informasi yang cukup menarik mulai dari berita, lomba, hingga informasi parenting tentang cara mendidik anak. Selain itu website ini juga menyediakan berbagai macam ruang yang diantaranya ruang cerita, video, lagu, permainan, dan buku.

15. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan: gtk.kemdikbud.go.id
Website ini menyajikan konten khusu untuk guru dan tenaga pendidik lainnya yang dikelola secara resmi oleh pemerintah. Disana anda dapat menemukan berbagai macam informasi mulai dari agenda, berita, hingga informasi yang dikhususkan untuk guru.

Itulah alamat-alamat website pendidikan yang dapat membantu para guru dan siswa untuk memperoleh informasi secara resmi langsung dari pemerintah, sebetulnya masih ada beberapa website resmi yang dikelola oleh kemdikbud ini tetapi disini saya hanya menulis sebagian saja.

16. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah: dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Ini merupakan website gabungan dari dapodikdas dan dapodikmen yang sekarang bernama dapodikdasmen, ini merupakan website yang sangat penting untuk diketahui oleh para peserta didik terutama yang menggunakan aplikasi dapodik baik jenjang SD, SLB, SMP, SMA atau SMK, karena semuanya pengguna aplikasi dapodik harus mengacu pada website ini dan banyak informasi-informasi penting yang bisa anda temukan disini.

Tetapi apabila anda ingin mengetahui website resmi lainnya anda bisa menulis dikolom komentar dan nanti akan saya sertakan diartikel ini, terimakasih.

0 Response to "15 Alamat Website Pendidikan untuk Guru dan Siswa"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.