Seni Rupa Negara-Negara ASEAN

Seni rupa di negara-negara ASEAN hampir mengalami persamaan karena dahulu kala termasuk ruang lingkup "Seni Primitif Occeania" yang meliputi kawasan Melanesia, Micronesia, Polynesia, dan Australia. Pada zaman Neolithicum, peralatan hidup yang asli dibuat dari kayu kertas, kepala kerang, atau batu, dengan cara hidup bertani, berburu, dan menangkap ikan.

Seni Rupa Negara-Negara ASEAN

Seni Rupa Muangthai (Thailand)

Bangsa Thai yang penduduk bangsa Mon-Khemer termasuk rumpun Mongol dari Yunan, Tiongkok Selatan. Mereka sudah memiliki peradaban dan seni pengaruh India. Agama mayoritas agama Budha. Pengaruh seni rupa sangat kuat bercorak agamis kor/Buddha. Karya seni rupa (seni lukis dan patung) banyak menggambarkan Buddha dan kehidupannya, lukisan cerita rakyat dan lukisan tentang kehidupan istana atau raja dan berkembang dengan baik.

Seni Kriya Thailand, antara lain berupa benda kerajinan keramik sebagai peralatan rumah tangga dan upacara keagamaan Buddha, cenderamata, hiasan ruangan rumah, dan tempat ibadah.

Seni Rupa Malaysia dan Singapura

Budaya India, Islam, Cina, Inggris, Belanda, dan Portugis memengaruhi karya seni rupa di Malaysia. Karya seni rupa yang menonjol ragam hias atau seni hias, seni bangunan (arsitektur) masjid, gedung-gedung, bercorak modern. Hasil karya seni kriya antara lain seni batik yang di kenal sebagai batik Melayu dengan motif hias tumbuhan atau meander dan corak modern, bahan batik yang digunakan adalah kain sutra, kain katun, dan bahan yang mengkilat.

Kerajinan keramik, kerajinan hiasan dinding dan gambar keramik, kerajinan cendramata, kaligrafi, furniture, dan kerajinan emas perak berupa perhiasan wanita (gelang, kalung, dan bros).

Seni Rupa Filipina

Seni rupa Filipina adalah mendapat pengaruh dari budaya Melayu, Spanyol, Cina seperti seni terapan atau seni kriya keramik/proselin, pengaruh dari Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit berupa seni ukir atau ragam hias, perabot rumah tangga, dengan gaya Eropa Klasik.


Demikian artikel tentang seni budaya mengenai seni rupa negara-negara ASEAN ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Share This:

0 Response to "Seni Rupa Negara-Negara ASEAN"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.