Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Tata pemerintahan Indonesia selalu mengalami perubahan dari masa ke masa. Sejak perubahan ke masa Reformasi, Indonesia menuju pada pemerintahan yang lebih terbuka di tengah arus globalisasi yang melanda negara-negara lain. Seperti kita tahu, globalisasi membawa pengaruh besar tiap negara. Masuknya sebuah kebudayaan kedalam negara sedikit banyak membawa pengaruh bagi negara tersebut baik itu positif maupun negatif. Globalisasi telah menyatukan orientasi dan budaya menuju satu budaya dunia (world culture).

Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Inovasi media komunikasi, terutama dalam hal internet, semakin mempermudah proses globalisasi. Akibatnya, gaya hidup sebuah negara dengan cepat masuk dan ditiru oleh anggota masyarakat dari negara lain tak terkecuali Indonesia. Budaya luar yang bertentangan dengan kepribadian bangsa Indonesia pun dengan leluasa masuk dan ditiru oleh masyarakat Indonesia. Namun, meskipun kita meniru kebudayaan negara lain, kita harus tetap memiliki rasa nasionalisme, kita tetap memiliki rasa loyal terhadap negara kita.

Dalam menyikapi ancaman globalisasi, setiap warga negara harus ditanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Karena dengan kesadaran berbangsa dan bernegara yang tinggi akan menumbuhkan sikap loyalitas yang diwujudkan dengan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan hukum dan perundang-undangan serta bersedia untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Membangkitkan sikap kesadaran berbangsa dan bernegara penting bagi masyarakat selaku pemegang kekuasaan dalam pemerintahan.

Apa itu kesadaran berbangsa dan bernegara?

Kesadaran berbangsa dan bernegara adalah individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan dibawah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus mempunyai sikap serta perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasi keikhlasan atau kerelaan bertindak demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia.

Kesadaran berbangsa dan bernegara perlu dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, terutama bagi para pemuda sebagai generasi penerus bangsa ini. Sebagai warga negara yang tinggal di Indonesia kita harus bangga dan ikut berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional. Kita pun harus ikut bahkan wajib mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Faktor Pendukung untuk Terciptanya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Beberapa faktor pendukung untuk terciptanya kesadaran berbangsa dan bernegara antara lain sebagai berikut.
  • Pejabat yang amanah.
  • Pemerataan kesejahteraan setiap daerah.
  • Keadilan dalam memberikan hak dan kewajiban semua rakyat.
  • Kepercayaan tinggi kepada wakil rakyat atau pemerintahan.
  • Tegasnya hukum dan aturan pemerintahan.
  • Perasaan memiliki dan bangga berbangsa Indonesia.
  • Menyadari bahwa berbangsa dan bernegara yang satu.
  • Mengetahui lebih banyak nilai positif dan kekayaan bangsa.

Apabila kita menilik sejarah pada masa negara kita masih dijajah, maka kita jadi paham betapa kuatnya ikatan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Padahal pada masa itu, bangsa Indonesia belum berpendidikan tinggi dan tidak mempunyai alat persenjataan yang lengkap dan canggih untuk melawan para penjajah. Namun hanya dengan bermodalkan tekad, keberanian, dan yang utama adalah persatuan dan kesatuan bangsa, maka akhirnya bangsa Indonesia melawan penjajah dan berhasil mencapai kemerdekaan.

Hilangnya kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup negara. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk dapat meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Akhir-akhir ini kesadaran berbangsa dan bernegara rakyat mulai menurun. Hal ini dapat kita lihat dengan makin sering terjadinya pertikaian entah itu antarpelajar satu sekolah, antarsekolah, antarwarga, dan lain-lain. Padahal pertikaian-pertikaian semacam inilah yang dapat memicu pecahnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itulah, untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia, diperlukan tekad untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta meningkatkan wawasan kebangsaan dengan menghargai pluralisme bangsa.


Demikian artikel mengenai pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share This:

0 Response to "Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.