Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Seni Kriya Mancanegara

Halo teman-tema, apa kabar? semoga selalu baik dan sehat selalu, kali ini saya akan membahas artikel tentang seni budaya yaitu mengenai keunikan gagasan dan teknik dalam seni kriya mancanegara atau internasional, seperti apa sih keunikannya? silahkan simak penjelasannya dibawah ini dengan teliti dan cermat.

Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Seni Kriya Mancanegara

Penciptaan Karya Seni Kriya Secara Umum

Menciptakan karya seni kriya secara umum baik karya seni kriya Nusantara atau mancanegara pada dasarnya adalah sama. Persamaan tersebut antara lain bahwa, pembuatan seni kriya adalah sebagai berikut.
  • Menghasilkan benda-benda yang bernilai seni dengan bentuk indah.
  • Memiliki fungsi guna atau pakai atau memiliki kegunaan praktis.
  • Diciptakan untuk kepentingan orang lain, yakni dibutuhkan dan disenangi masyarakat.
  • Model dengan komposisi harmonis.
  • Dapat dikerjakan secara perseorangan atau massal menghasilkan benda yang sama dalam jumlah banyak (reproduksi).
Dalam proses penciptaan seni kriya, seorang perupa atau kreator atau pembuat sangat memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  • Kreasi (kreativitas) dalam menciptakan karya dan berhubungan langsung dengan bentuk karya yang dibuat.
  • Teknik atau cara yang digunakan dalam membuat karya, terkait era dengan media (bahan) yang digunakan.
  • Corak atau gaya setiap bangsa atau negara memiliki corak yang berbeda-beda sesuai dengan budaya bangsa.
  • Keunikan atau ciri khusus yang dimiliki setiap karya perlu memperhatikan prinsip seni, komposisi, nilai seni, dan nilai indah.

Keunikan Gagasan dan Teknik

Bila kita memperhatikan hasil karya seni kriya buatan negara atau mancanegara, perlu kita kagumi dan hargai. Selanjutnya gagasan dan teknik tersebut perlu kita pelajari dan kita dapatkan mencoba untuk membuatnya.

[1]. Seni kriya keramik dari Cina yang sudah ada  ribuan tahun yang lalu merupakan gagasan dan karya cipta yang tinggi. Sekarang sudah dapat dibuat berbagai bentuk atau corak yang indah dengan diberi hiasan atau gambar dan glasur. Guci Cina dapat digunakan untuk menyimpan, kecap hingga tahan lama. Seni kriya keramik tersebut terkenal di seluruh dunia, lalu berkembang di Eropa dengan desain yang bergaya Yunani dan Roma Klasik, dengan desain modern, bentuk nonfiguratif dengan komposisi harmonis. Seni kriya keramik sekarang di sampaing seni terapan (fungsional), ada juga yang sebagai seni murni (sebagai hasil ekspresi penciptanya). Negara penghasil keramik semakin banyak, antara lain: Cina, Taiwan, Korea, Jepang, Singapura, Perancis, Spanyol, Vietnam, Timur Tengah dengan hiasan kaligrafi, India, dan Indonesia.

[2]. Seni batik (seni kriya dua dimensi), batik di mancanegara memiliki gagasan dan teknik yang unik, umumnya digunakan untuk bahan busana. Desain mancanegara coraknya dinamis, berkembang terus seperti corak modern. Tidak terikat oleh bentuk klasik atau alam. Komposisinya tidak harus simetris atau keseimbangan yang sama, tetapi condong lebih bebas atau asimetris. Warna yang digunakan adalah warna-warna yang mencolok atau cerah. Contohnya batik Malaysia, Singapur, Hongkong, Hawai, (USA), Jepang, Perancis, Filipina, Korea, India, dan Taiwan. Teknik yang digunakan dengan printing atau cetak mesin.

[3]. Seni kriya mainan anak-anak diciptakan menjadi mainan anak yang menarik. Penghasil seni kriya mainan anak mancanegara ini antara lain: Cina, Jepang, Taiwan, Hongkong, USA, Perancis, India, Korea, Itali, benda unik antara lain: boneka, dakocan, panada, boneka Jepang, mobil-mobilan, pesawat, kapal, robot, keramik, dengan bahan dan teknik yang unik.

[4]. Seni kriya berupa benda hiasan dan souvenir dengan teknik cetak dapat menghasilkan benda dengan jumlah banyak, dibuat dari bahan fiberglass, plastik, logam, keramik, dan gelas. Hasilnya berupa benda bentuk: patung-patungan kecil, replika (tiruan benda), vas bunga, hiasan dinding, pigura, hiasan pintu, gantungan kunci, dan hiasan gantungan untuk ruangan atau mobil. Banyak dihasilkan dari Singapura, Hongkong, Taiwan, Jepang, Cina, Belanda, Perancis, Inggris, Amerika, Spanyol, Mesir, dan Italia.


Demikian artikel tentang seni budaya mengenai keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

0 Response to "Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Seni Kriya Mancanegara"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.