Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Macam-macam Diskusi

Halo sob pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, unsur, manfaat, dan macam-macam diskusi, silahkan simak baik-baik penjelasan lengkapnya dibawah ini agar sobat bisa memahaminya dengan baik.

Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Macam-macam Diskusi


Pengertian Diskusi

Diskusi merupakan suatu kegiatan memecahkan masalah dengan jalan musyawarah untuk memperoleh kesamaan pendapat. Diskusi dapat diartikan sebagai kegiatan memecahkan masalah atau bertukar pikiran secara lisan. Diskusi secara umum bertujuan mencari solusi atau penyelesaian suatu masalah secara teratur dan terarah.

Teratur dan terarah berarti semua unsur yang ada dalam diskusi berfungsi, baik peserta, pembicara, maupun moderator menjalankan tugasnya dengan baik, bertukar pikiran secara aktif dan santun untuk mencapai kesepakatan atau penyelesaian yang baik. Diskusi yang baik akan membawa manfaat yang baik pula.


Unsur-unsur Diskusi

Berikut ini unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah diskusi.
  1. Unsur manusia, yaitu adanya moderator atau pemimpin diskusi, penyaji, narasumber, pembicara, notulis, sekertaris, dan peserta diskusi. Jika diskusi tidak dihadiri pembicara, orang yang bertugas membahas masalah adalah moderator selaku pemimpin diskusi.
  2. Unsur materi, yaitu topik diskusi atau permasalahan dan tujuan atau sasaran.
  3. Unsur fasilitas, yaitu ruangan atau tempat dan perlengkapan, misalnya meja, kursi, papan tulis, dan kertas.

Manfaat Diskusi

Manfaat antara lain sebagai berikut:
  1. Membiasakan sikap saling menghargai.
  2. Menanamkan sikap demokrasi.
  3. Mengembangkan daya berfikir.
  4. Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman.
  5. Mengajukan proses kreatif dan analitis.
  6. Mengembangkan proses kreatif dan analitis.
  7. Melatih kemampuan dan keberanian berbicara.

Macam-macam Diskusi

Berikut adalah macam-macam diskusi.

1. Diskusi Kelompok

Dalam diskusi ini perlu ada ketua atau moderator, notulis, dan beberapa peserta yang sekaligus sebagai penyaji ataupun penyanggah. Penyaji tidak perlu menggunakan makalah atau kertas kerja. Pada akhir diskusi moderator menyampaikan hasil diskusi.

2.Diskusi Panel

Diskusi ini biasanya digunakan untuk memperluas wawasan mengenai sesuatu masalah yang sedang hangat. Diskusi ini melibatkan beberapa pakar dari disiplin ilmu atau profesi yang berbeda untuk bertindak sebagai panelis atau pembicara. Moderator bisa langsung bertanya kepada panelis untuk menggali pandangan atau pendapat. Peserta diskusi diberi kesempatan untuk bertanya atau menanggapi atau menyanggah pendapat para panelis. Pada akhir diskusi, moderator menyajikan pokok-pokok pikiran hasil diskusi.

3. Seminar

Bentuk diskusi ini digunakan untuk mencari kesepakatan atau kesamaan langkah atau pandangan dalam menghadapi persoalan yang sifatnya formal sehingga para pemrasaran menyiapkan kertas kerja atau makalah untuk disajikan. Para peserta diskusi diberi kesempatan untuk menanggapi ataupun menyanggah makalah tersebut. Pada akhir diskusi moderator menyampaikan hasil pemikiran..

4. Simposium

Simposium adalah diskusi yang diselenggarakan untuk membahas prasaran-prasaran mengenai suatu pokok persoalan atau masalah.

5. Lokakarya

Lokakarya adalah diskusi atau pertemuan para ahli (pakar) untuk membahas suatu masalah di bidangnya.

6. Kongres

Kongres adalah pertemuan para wakil organisasi (politik, sosial, dan profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai suatu masalah.

7.Konferensi

Konferensi adalah pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.


Mengambil Kesimpulan dalam Diskusi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tujuan diskusi adalah untuk menghasilkan kesepakatan bersama atau pemecahan terhadap suatu masalah. Memberikan kesimpulan dalam diskusi merupakan tugas moderator. Namun, untuk merumuskan kesimpulan, peserta diskusi dapat diikutsertakan agar kesimpulan yang diambil lebih objektif dan valid.

Secara umum kesimpulan dapat diambil melalui penalaran deduktif maupun induktif. Dalam diskusi, kesimpulan diambil berdasarkan hal-hal berikut ini:
  1. Pendapat yang dapat diterima oleh semua peserta diskusi.
  2. Data-data dan fakta yang benar serta dapat diterima kebenarannya oleh peserta diskusi, silahkan baca artikel tentang membedakan fakta dan opini dalam laporan lisan.
  3. Segala pendapat atau gagasan yang sama dan sejalan.
  4. Voting atau mengambil suara terbanyak dari peserta diskusi yang hadir.
  5. Simpulan diupayakan berupa rumusan yang inovatif, solusif, dan implementatif.




Pada blog materiku ini juga tersedia tempat diskusi untuk tempat teman-teman yang ingin bertanya seputar sekolah, pendidikan, dan tentang pembahasan-pembahasan lainnya dengan saling bertukar pendapat, jika teman-teman ingin bergabung silahkan masuk ke Forum Diskusi.



Demikian artikel tentang pengertian, unsur, manfaat, dan macam-macam diskusi ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

0 Response to "Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Macam-macam Diskusi"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.