Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pelayanan prima dalam pengelolaan usaha pada aspek pemasaran, pelayanan memang sangat diperlukan agar pembeli merasa nyaman selain itu pelayanan juga bisa memberikan nilai plus bagi penjual tersebut jika pelayanan tersebut baik dan bermanfaat untuk pembeli, untuk lebih lengkap nya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima

Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan prima adalah pelayanan yang sangat baik kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pelanggan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima telah di kembangkan konsep Total Quality  Management (TQM), yaitu sistem manajemen yang menyangkut semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas serta kuantitas organisasi agar kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan terpenuhi.


Konsep Pengembangan Pelayanan Prima

1. Konsep Attitude (Sikap)

Calon pembeli selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pramuniaga agar kepuasan pembeli dapat terpenuhi, serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan pada pihak lain yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perusahaan.

Pelayanan berdasarkan sikap ini terdiri dari...
  1. Penampilan serasi (cara berhias, cara berbusana, dan raut muka).
  2. Berpikir positif (tidak mencari kesalahan pembeli, tidak apriori, dan melayani dengan hormat).
  3. Sikap menghargai (tutur bahasa baik, sikap sopan santun, mendengar saran dan mencatat pesanan, serta memenuhi kebutuhan dengan konsisten).

2. Konsep Attention (Perhatian)

Untuk mendapatkan keinginan calon pembeli, penjual dapat menunjukkan perhatian dengan cara berkomunikasi yang menarik. Bentuk perhatian pelayanan ini yaitu...
  1. Mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan.
  2. memperhatikan perilaku pelanggan.
  3. Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.

3. Konsep Action (Kegiatan)

Dalam menghadapi pembeli tidak hanya berdasarkan sikap dan perhatian saja, tetapi harus diikuti tindakan. Bentuk pelayanan ini yaitu...
  1. Mencatat pesanan pelanggan.
  2. Mencari kebutuhan.
  3. Penegasan kembali pesanan.
  4. Mewujudkan kebutuhan pelanggan.
  5. Menyatakan terimakasih dengan harapan kembali membeli lagi.

Jenis-jenis Pelayanan Prima

Pelayanan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu...

1. Core Service

Core Service adalah pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan yang merupakan produk utamanya, misalnya untuk hotel adalah penyediaan kamar.

2. Facilitating Service

Facilitating Service adalah fasilitas pelayanan plus kepada pelanggan, misalnya pelayanan front office pada hotel.

3. Supporting Service

Supporting service merupakan pelayanan tambahan atau pendukung untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya, misalnya hotel dan restoran pada satu tempat.


Pentingnya Pelayanan Prima

Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya dan tetap menjaga agar pelanggan tetap membeli barangnya. Walaupun banyak perusahaan-perusahaan menawarkan produk yang bersaing, tetapi tujuannya adalah menarik pelanggan yang sama.

Sebagian besar orang-orang memberikan pelayanan yang terbaik, sebaliknya suatu saat kita mendapat pelayanan yang buruk. Pengalaman ini tidak menyenangkan dan menjadikan kita tidak suka untuk mengingatnya.

Jadi, pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan, dan staff perusahaan. Penting bagi perusahaan karena dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mencerahkan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan karena memberikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam pembelian dan memilih produk, serta menjamin untuk memenuhi kebutuhan. Penting bagi staff perusahaan karena akan memberikan kebanggaan pada mereka, perusahaan, dan produknya.


Tujuan Pelayanan Prima

Tujuan pelayanan prima adalah memuaskan atau sesuai dengan keinginan pelanggan. Untuk mencapai hal itu, diperlukan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan pelanggan.


Contoh Pelayanan Prima

  1. Pelayanan STNK dan BPKB di kantor kepolisian: suasana tertib, menggunakan nomor urut, petugas informasi, petunjuk atau cara terpampang, waktu penyelesaian terpampang, serta penyerahan dan pemeriksaan dokumen langsung ke loket. Pelayanan tersebar di beberapa tempat.
  2. Pelayanan di Bank: satpam menyapa, mengantar ke tempat yang dituju, diberi nomor antrean, teller menyapa nama pelanggan, dan memberikan senyuman.
  3. Pelanggan di swalayan: karyawan menyapa pelanggan yang datang untuk berbelanja dengan ciri khasnya, karyawan memperhatikan kebutuhan pelanggannya, pemberian diskon untuk menari pelanggan.


Demikian artikel mengenai Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.

Share This:

0 Response to "Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.