Cara Terbaik Mengatasi Anak yang Memiliki Perilaku Agresif

Agresif merupakan gejala yang sangat umum yang terjadi pada anak-anak, hal ini disebabkan karena anak mengalami tekanan fisik atau emosional yang dilakukan oleh orang tuanya. Selain itu hal ini juga terjadi karena salah satu proses dari tumbuh kembang anak, tetapi jika hal tersebut dibiarkan sifat agresif itu akan terbawa sampai anak tumbuh dewasa.

Cara Terbaik Mengatasi Anak yang Memiliki Perilaku Agresif

Anak-anak dengan perilaku agresif cenderung gelisah dan mudah marah, studi menemukan bahwa sifat tersebutberkaitan dengan kemampuan berbicara mereka. Hal ini merupakan ketidakmampuan anak untuk menangani sifat prustasi yang terjadi pada dirinya. Oleh karena itu orang tua harus mendidiknya dari kecil agar kelak dewasa nanti kepribadian tersebut dapat hilang seiring berjalannya waktu.

Penyebab Perilaku Agresif pada Anak

1. Faktor Keturunan

Para peneliti sering menemukan bahwa anak yang memiliki sifat agresif kebanyakan memiliki orang tua yang agresif juga.

2. Pola Keluarga Tidak Efektif

Kurang perhatian atau terlalu over protektif dalam mendidik anak juga dapat menyebabkan anak menjadi pribadi yang agresif, selain itu pertengkaran orang tua juga sangat berpengaruh, tidak hanya membentuk anak menjadi pribadi yang agresif tetapi juga akan mempengaruhi mental anak yang membuat dirinya menjadi tidak percaya diri dan akan timbul rasa takut jika berinteraksi dengan orang tua.

3. Karakter Pribadi

Sifat Agresif sering dikaitkan dengan pengalaman yang pernah terjadi yang mempengaruhi emosional anak. Kurangnya rasa empati, keterampilan sosial yang buruk, dan IQ di bawah rata-rata sangat memudahkan anak-anak menjadi pribadi yang agresif. Anak-anak dengan gangguan perilaku seperti ini harus ditangani dengan serius karena hal ini dapat menyebabkan kekerasan pada manusia lainnya.

4. Faktor Lingkungan

Anak-anak yang tinggal di lingkungan buruk pasti akan menjadi pribadi yang buruk, faktor lingkungan juga sangat berperan penting dalam membangun kepribadian anak, oleh karena itu pilih lah lingkungan yang baik.

5. Terlalu Sering Menonton Televisi

Peran media televisi sangat berpengaruh besar dibanding media lainnya. Studi menemukan bahwa anak yang sering menonton tv berlebihan akan menyebabkan kurangnya komunikasi dengan orang tuanya. Acara seperti kartun dan permainan sepakbola membuat anak-anak menjadi agresif dan sering meniru perilakunya secara nyata.


Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut ini adalah cara sederhana yang dapat membantu anda untuk mengatasi perilaku agresif pada anak.

1. Menghargai Anak

Strategi positif seperti menghargai dan memotivasi akan membantu mengurangi sifat agresif pada anak. Setiapkali anda membawa anak anda di suatu tempat dan dia berperilaku baik berikanlah dia pujian dan tunjukkan rasa bahagia anda kepada nya. Hal ini akan membuat anak menjadi ketagihan dengan perilaku tersebut dan anak pun akan merasa nyaman.

2. Diskusi dengan Cara yang Tepat

Orang tua harus tetap tenang untuk menangani perilaku yang buruk pada anaknya, diskusi lah dengan anak anda pada hari yang tepat ketika anak sedang bersantai di rumah. Hal ini akan membuat komunikasi anda dengan anak menjadi baik.

3. Memantau Pengaruh Teman-temannya

Teman sangat berpengaruh terhadap perilaku anak anda. Jika anda mengamati teman-temannya yang selalu membantah orang tua atau berperilaku agresif, ia pasti akan terbawa menjadi agresif. Oleh karena itu jelaskanlah kepada anak anda bahwa tindakan tersebut adalah tindakan yang salah.



Ingat..! anak selalu meniru perilaku orang tuanya, jika anda merupakan orang tua yang agresif maka anak anda pasti meniru sikap tersebut. Oleh karena itu jadilah orang tua yang dapat menjadi inspirasi bagi anak-anaknya. Semoga artikel ini dapat membantu para orang tua tentang penyebab dan cara mengatasi perilaku anak yang agresif.

Share This:

0 Response to "Cara Terbaik Mengatasi Anak yang Memiliki Perilaku Agresif"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.