Skip to main content

Penyusunan Kertas Kerja

Pada dasarnya, kertas kerja merupakan suatu alat bantu untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan. Pembuatan kertas kerja bukanlah suatu keharusan, namun jika ingin lebih mudah dan laporan keuangan lebih rapi dan baik, maka sebaiknya dibuat kertas kerja. Penyusunan kertas kerja pada perusahaan dagang dapat dilakukan dengan dua cara atau pendekatan.

1. Penyusunan Kertas kerja dengan Pendekatan Ikhtisari Laba/Rugi

Metode ikhtisar laba rugi digunakan apabila saat menyesuaikan persediaan barang dagangan menggunakan atau ikhtisar laba rugi. Akun ihtisar laba/rugi dari kolom penyesuaian dipindahkan ke kolom daftar neraca saldo disesuaikan tanpa diselisihkan.

2. Penyusunan Kertas Kerja dengan Pendekatan Harga Pokok Penjualan

Metode harga pokok penjualan digunakan apabila saat menyesuaikan persediaan barang dagangan menggunakan akun harga pokok penjualan. Perkiraan harga pokok penjualan diselisihan kemudian dipindahkan ke kolom daftar neraca saldo disesuaikan dan kolom laba/rugi.

Tahap-tahap penyusunan kertas kerja adalah sebagai berikut.

  1. Memasukkan saldo-saldo yang terdapat dalam perkiraan buku besar ke dalam kolom Neraca Saldo (NS), di mana jumlah debet dan kredit harus sama atau seimbang.
  2. Membuat jurnal penyesuaian dengan menganalisis dan penyseuaian dan memasukkannya ke dalam kertas kerja kolom Ayat Penyesuaian (AP).
  3. Menjumlahkan atau mencari selisih di kolom neraca saldo untuk disesuaikan ke dalam kolom laba/rugi dan kolom neraca.
  4. Menjumlahkan kolom laba/rugi dan kolom neraca. Jika kolom laba/rugi lebih besar sebelah kreditnya berarti perusahaan memperoleh laba, selanjutnya jumlah laba dipindahkan ke kolom neraca sebelah kredit. Sebaliknya, jika jumlah dalam kolom laba/rugi lebih besar sebelah debet, berarti perusahaan menderita rugi dan jumlah rugi harus dipindahkan ke kolom neraca sebelah debet.
Berikut ini adalah contoh neraca saldo da data penyesuaian UD Agung Abadi per 31 Desember 2012.

UD Agung Abadi
Neraca Saldo
Per 31 Desember 2012
Penyusunan Kertas Kerja


Data penyesuaian UD Agung Abadi adalah sebagai berikut.
a. Persediaan barang dagangan per 31 Desember 2012 sebesar Rp45.000.000,00.
b. Gaji karyawan yang masih harus dibayar Rp500.000,00.
c. Perlengkapan toko per 31 Desember 2012 Rp6.000.000,00.
d. Penyusutan peralatan 5% dari harga perolehan.
e. Kerugian piutang ditaksir 5% dari saldo piutang.
Diminta:
Buatlah jurnal yang diperlukan dan buatlah neraca selanjutnya.
Jawab:

UD Agung Abadi
Jurnal Penyesuaian
Per 31 Desember 2012
Penyusunan Kertas Kerja

UD Agung Abadi
Kertas Kerja
Per 31 Desember 2012
Penyusunan Kertas Kerja


Nah itulah pembahasan tentang Penyusunan Kertas Kerja, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang dan dapat membantu belajar tentang Penyusunan Kertas kerja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar