Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut Fase Inspirasi dan Ekspirasi

Proses pernapasan terdiri dari dua fase yaitu fase inspirasi dan ekspirasi. Fase inspirasi adalah pengambilan udara masuk ke dalam tubuh, sedangkan ekspirasi adalah pengeluaran udara dari dalam tubuh. Mekanisme pernapasan dibedakan menjadi dua yaitu pernapasan dada dan perut, silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut Fase Inspirasi dan Ekspirasi

# Pernapasan Dada

Pernapasan dada merupakan pernapasan dengan menggunakan otot-otot antartulang rusuk. Mekanisme pernapasan dada dibedakan menjadi dua fase berikut ini.

1. Fase Inspirasi

Pada saat inspirasi, otot antartulang rusuk berkontraksi sehingga posisi tulang-tulang rusuk terangkat. Hal ini menyebabkan rongga dada menjadi besar dan volume paru-paru membesar, tetapi tekanannya menurun sehingga udara masuk ke dalam paru-paru.

2. Fase Ekspirasi

Pada saat ekspirasi, otot di antara tulang rusuk mengendur (relaksasi) dan tulang-tulang rusuk kembali seperti semula. Hal ini menyebabkan rongga dada menjadi kecil dan tekanannya naik sehingga udara di dalam rongga paru-paru terdorong keluar.


# Pernapasan Perut

Pernapasan perut merupakan pernapasan dengan menggunakan otot-otot diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Mekanisme pernapasan perut dibedakan menjadi 2 fase yaitu.

1. Fase Inspirasi

Pada saat inspirasi, otot diafragma berkontraksi sehingga posisi diafragma akan mendatar. Hal ini menyebabkan rongga dada membesar dan volume paru-paru juga membesar sehingga tekanan dalam paru-paru menurun. Akibatnya, udara masuk ke dalam paru-paru.

2. Fase Ekspirasi

Pada saat ekspirasi, otot-otot diafragma mengendur (relaksasi) dan diafragma berada pada kedudukan semula (berbentuk cekung). Hal ini menyebabkan rongga dada mengecil dan tekanannya naik sehingga udara di dalam rongga paru-paru terdorong keluar.



Demikian penjelasan mengenai Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut Fase Inspirasi dan Ekspirasi semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang, terimakasih.

Share This:

0 Response to "Mekanisme Pernapasan Dada dan Perut Fase Inspirasi dan Ekspirasi"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.