Skip to main content

16 Macam Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti kelainan pada saluran pernapasan, kuman atau infeksi bakteri, polusi udara, atau faktor keturunan. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan dalam kondisi apapun dan menjaga pola makan, sehingga penyakit-penyakit yang berbahaya tersebut tidak dapat menyerang tubuh kita. Berikut ini beberapa Kelainan dan Penyakit yang menyerang alat pernapasan.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan


Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan


1. Asfiksi, yaitu gangguan pernapasan pada saat pengangkutan dan penggunaan oksigen oleh jaringan dan sel-sel.

2. Asidosis, yaitu gangguan pernapasan yang disebabkan adanya kelebihan kadar asam karbonat dan asam bikarbonat di dalam darah.

3. Asma, yaitu suatu penyakit karena adanya penyempitan saluran pernapasan utama pada paru-paru. Asma merupakan penyakit keturunan dan tidak menular. Penyebabnya karena alergi terhadap cuaca dingin, debu, bulu atau rambut, dan sebagainya.

4. Difteri, yaitu penyakit pada saluran pernapasan karena adanya penyumbatan lendir, baik pada rongga faring maupun laring oleh bakteri.

5. Tuberkulosis (TBC), yaitu penyakit yang menyerang paru-paru sehingga pada bagian dalam alveolus timbul bintik-bintik kecil karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

6. Influenza (flu), yaitu gangguan pada saluran pernapasan karena adanya infeksi virus.

7. Emfisema, yaitu penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya kemasukan udara.

8. Pneumonia, yaitu peradangan pada dinding alveolus karena adanya infeksi bakteri Diplococcus Pneumoniae.

9. Bronkitis, yaitu peradangan pada lapisan dinding bronkus karena infeksi oleh virus.

10. Sinusitis, yaitu peradangan pada sebelah atas rongga hidung (sinus paranasalis).

11. Rinitis, yaitu peradangan pada selaput lendir hidung.

12. Pleuritis, yaitu peradangan pada pleura (selaput pembungkus paru-paru) karena adanya infeksi dari paru-paru atau organ lain yang letaknya berdekatan dengan paru-paru, sehingga mengakibatkan berlebihannya cairan pada pleura.

13. Laringitis, yaitu radang pada laring yang disebabkan oleh infeksi mikroorganisme, sering menimbulkan suara parau.

14. Faringitis, yaitu infeksi pada faring oleh bakteri dan virus, dengan gejala kerongkongan terasa sakit saat menelan makanan.

15. Tonsilitis, yaitu radang karena infeksi oleh bakteri tertentu pada tonsil.

16. Kanker paru-paru, yaitu penyakit karena adanya tumor ganas yang terbentuk di dalam epitel bronkiolus, kanker paru-paru dipicu oleh polusi udara.


Demikian artikel tentang Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar