11 Macam Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

Kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti makanan yang kurang higienis, pola makan yang salah, dan adanya infeksi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga pola makan dan biasakanlah hidup sehat agar penyakit tidak datang menyerang tubuh anda. Berikut ini kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan manusia sebagai berikut.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia

1. Xerostomia

Xerostomia adalah penyakit yang menyerang rongga mulut sehingga mulut menjadi kering serta proses pencernaan makanan tidak sempurna. Hal ini terjadi karena jumlah air liur yang dihasilkan sangat sedikit.

2. Konstipasi atau Sembelit

Konstipasi atau sembelit biasanya pencerita angan mengalami susah buang air besar. Konstipasi karena sisa makanan melewati kolon dengan lambat sehingga banyak air yang diserap oleh dinding kolon. Akibatnya, feses menjadi kering dan keras.

3. Diare

Diare yaitu keluarnya feses dalam bentuk encer karena infeksi bakteri pada kolon. Infeksi bakteri dapat merangsang kolon untuk melakukan gerakan peristaltik dengan cepat, sehingga membuat makanan lewat dengan cepat. Akibatnya, air yang diserap hanya sedikit sehingga feses menjadi encer.

4. Tukak Lambung

Tukak lambung yaitu rasa nyeri pada bagian lambung karena adanya gesekan pada dinding lambung dan usus halus akibat dari produksi asam lambung (HCl) yang berlebihan.

5. Apendistis

Apendistis adalah peradangan pada bagian apendiks (umbai cacing) karena infeksi bakteri.

6. Parotitis atau Gondong

Parotitis atau gondong yaitu peradangan pada kelenjar parotis karena infeksi virus.

7. Kolik

Kolik yaitu rasa nyeri karena mengkonsumsi makanan yang merangsang lambung, seperti cabai.

8. Batu Empedu

Batu empedu yaitu penyakit karena meningkatnya kandungan kolesterol sehingga garam empedu dan fosfolifid tidak mampu melarutkannya. Akibatnya, kolesterol akan mengkristal dan membentuk batu empedu.

9. Hemoroid atau Wasir

Hemoroid atau wasir yaitu pembengkakan vena di daerah anus. Hemoroid dapat terjadi karena sering menderita sembelit.

10. Enteritis

Enteritis yaitu peradangan pada usus halus atau usus besar karena infeksi bakteri.

11. Peritonitis

Peritonitis yaitu infeksi pada selaput rongga perut (peritonium).



Nah itulah 11 Macam Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia, jangan lupa tetap jaga kesehatan anda dengan baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Terimakasih.

Share This:

1 Response to "11 Macam Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Manusia"

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.