Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hubungan Antarmanusia

Agar tercapai hubungan yang baik antara manusia dengan manusia atau antara individu dengan perusahaan, maka perlu memperhatikan beberapa faktor, yang menurut Yoety (1999) dapat disebutkan dan dijelaskan sebagai berikut:

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hubungan Antarmanusia

1. Etika

  • Menyangkut perilaku manusia yang biasa diberi nilai atau predikat secara normatif sebagai "baik atau buruk".
  • Penilaian ini bisa normatif karena bisa terjadi perbedaan norma dalam pergaulan hidup sehari-hari.


2. Motivasi

  • Adanya dorongan untuk menjalankan tugasnya secara optimal.
  • Dapat meningkatkan kualitas kerja.
  • Ada kemauan untuk berbuat yang terbaik bagi orang lain.


3. Komunikasi

  • Akan menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam karier seseorang.
  • Maksud dan keinginan harus tersampaikan dan dapat diterima dengan baik.
  • Bila berjalan dengan efektif akan memengaruhi pencapaian kepuasan individu, organisasi, dan perusahaan.


4. Keramahtamahan

  • Sikap yang memunculkan rasa nyaman, aman, puas, memenuhi kebutuhan fisik-sosial-psikologis.
  • Dapat menyenangkan hati orang lain.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa hubungan antarmanusia atau pribadi itu sangat penting. Kehidupan menjadi lebih berarti, kemudahan-kemudahan akan didapat, prestasi kerja akan dicapai, dan akhirnya akan memuaskan semua pihak.

Kita perlu belajar banyak akan hal-hal semacam itu. Hal-hal yang dipelajari tersebut dapat diterapkan di dalam kelas atau sekolah, di keluarga masing-masing atau pergaulan sosial lainnya. Pada saat ini, yang sedang dipersiapkan oleh teman-teman adalah menuju kariernya di masa depan. Konsep-konsep diatas akan menjadi mudah dilaksanakan apabila ada niat dari dalam diri masing-masing.

Proses yang sedang terjadi dan yang sedang mengarah kepada masa depanmu membutuhkan energi yang cukup dan yang secara sadar harus kamu sediakan. Kini, kamu mengerti bahwa hubungan antar manusia yang baik akan memantapkan karier yang sedang dibinanya. Sedangkan karier yang dijalankan menurut kaidah atau prosedur sistem kerja yang berlaku akan semakin menyemangati hubungan yang baik antarmanusia yang terlibat di dalamnya.

Selain di dunia kerja (kantor/perusahaan, dan lain-lain), faktor-faktor di atas sebenarnya dapat pula berlangsung di keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat pada umumnya. Hal ini membuktikan bahwa berbagai faktor itu pada dasarnya saling berkaitan penerapannya di berbagai tempat dan suasana.

Pemahaman penting dari kenyataan ini adalah dunia kerja atau karier pada dasarnya merupakan proses yang terakumulasi (berkumpul) dari berbagai lingkungan kehidupan. Masing-masing situasi atau lingkungan memberikan peran tertentu sehingga seseorang mencapai kariernya. 

Kamu harus menyadari bahwa keberadaanmu pada masa lalu, masa kini, dan masa mendatang tak pernah lepas dari lingkungan terdekat hidupmu. Orang-orang di sekitarmu mempunyai andil masing-masing bagi kehidupanmu. Jika demikian, maka kamu akan ingat bahwa hidup dan kepribadian, semangat, motivasi, keberhasilan, kegagalan, atau apapun situasi dan kondisi hidupmu sebenarnya sebagian besar merupakan buah dari pengaruh sesama.

Oleh karena itu, hubungan yang baik antarmanusia merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan. Kariermu sangat dipengaruhi oleh keberhasilanmu membangun hubungan dengan orang-orang di sekitarmu.



Nah demikian itulah Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hubungan Antarmanusia yang dapat kita pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua orang.

Share This:

0 Response to "Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hubungan Antarmanusia"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.