Teknik Gerakan Tangan, Kaki, dan Pengambilan Napas Renang Gaya Dada

Halo teman-teman sekarang kita akan membahas Penjasorkes mengenai Teknik Gerakan Tangan, Kaki, dan Pengambilan Napas Renang Gaya Dada secara lengkap dan di lengkapi dengan video agar dapat dengan mudah dipahami. Yu langsung saja.

Renang Gaya Dada

1. Teknik Latihan Gerakan Tangan Renang Gaya Dada

Gaya dada (breast stroke) atau sering disebut gaya katak dalam renang adalah gaya yang paling mudah dipelajari. Namun, dari segi kecepatan, gaya ini menjadi yang paling lambat dibandingkan tiga gaya lain, yaitu gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada yang dilakukan secara benar memerlukan teknik pernapasan yang teratur dengan wajah terbenam pada waktu meluncur.

Cara melakukannya sebagai berikut.

1. Sikap permulaan, berdiri di tepi kolam menghadap ke arah kolam, kemudian kedua kaki dikaitkan di dinding kolam hingga posisi tubuh telungkup.

2. Posisi kedua, tangan lurus ke depan dengan lengan menempel di telinga.

3. Kedua tangan ditarik ke belakang dengan siku tangan ditekuk. Setelah sampai di samping tubuh kedua tangan diputar ke depan dada kemudian tangan kembali ke posisi lurus ke depan.

4. Gerakan ini dilakukan berulang kali hingga menguasai teknik dasar renang gaya dada dengan baik dan benar.

2. Teknik Latihan Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

Cara Melakukannya sebagai berikut.

1. Sikap permulaan, kedua tangan memegang ring di kolam kemudian tubuh lurus ke belakang rata-rata air  dan pandangan mata ke arah dinding kolam.

2. Gerakan dengan kedua lutut ditarik ke arah depan kemudian kaki diletakkan hingga kedua kaki kembali ke posisi lurus.

3. Gerakan ini dilakukan berulang kali supaya dapat melakukan gerakan kaki gaya dada dengan baik dan benar sehingga dapat memperoleh dorongan tubuh ke depan.

3. Pengambilan Napas

Pengambilan napas dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Ketika mengambil napas, di usahakan badan tetap pada posisi horizontal dan bahu tidak keluar dari permukaan air.

Sementara itu, untuk menghembuskan napas dilakukan ketika tangan didorong lurus kedepan, mulut dan hidung masuk ke permukaan air. Udara dikeluarkan melalui mulut dan hidung sedikit demi sedikit.

Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki dan Pengambilan Napas

Secara keseluruhan, renang gaya dada dilakukan dengan mengoordinasiakan gerakan tangan kaki, dan pengambilan napas berikut ini.

1. Ketika posisi tubuh mengapung - telungkap, mulailah mengayuh dengan tangan, dan angkatlah kepala.

2. Bersamaan dengan gerak mengayuh dan mengangkat kepala, angkatlah tumit ke arah atas, dan tekuklah telapak kaki.

3. Hiruplah napas secepatnya, dan ketika tangan berputar sewaktu menekan dengan siku, maka telapak kaki, diputar keluar sebagai persiapan melakukan dorongan.

4. Jatuhkan wajah ke dalam air saat melakukan dorongan tangan ke depan dan mengayunkan kaki sekuat tenaga.

5. Luruskan tubuh dan meluncur sambil menghembuskan napas.

Agar teman-teman lebih mudah memahami Teknik Gerakan Tangan, Kaki, dan Pengambilan Napas Renang Gaya Dada, silahkan simak video dibawah ini, dengan cermat.