Respons Individu dan Masyarakat terhadap Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat akan mendapatkan reaksi yang beragam dari masyarakat yang sedang mengalami perubahan.

Berbagai ragam respon masyarakat terhadap perubahan itu ada yang bersifat menolak dan menerima perubahan, ada yang menanggapinya secara positif dan negatif, ada yang proaktif dan ada yang apatis, serta ada yang progresif dan ada yang moderat ataupun adaptif.

Berikut ini secara garis besarnya akan dijelaskan sejumlah respon individu dan masyarakat terhadap munculnya perubahan -perubahan sosial.

Respons Individu dan Masyarakat terhadap Perubahan Sosial

1. Terjadinya Penolakan

Masuknya unsur-unsur luar ke dalam masyarakat seringkali menimbulkan penolakan-penolakan dari masyarakat yang bersangkutan. Dampak masuknya unsur-unsur tersebut ada yang besar dan ada pula yang kecil. Apabila pengaruh tersebut kecil, maka tidak akan menimbulkan kegoncangan-kegoncangan.

Namun, apabila dampak yang ditimbulkan itu besar, maka dapat menimbulkan ketegangan atau kegoncangan. Kegoncangan-kegoncangan tersebut dapat muncul karena adanya unsur yang bertentangan, sehingga memengaruhi nilai-nilai sosial yang selanjutnya berpengaruh terhadap masyarakat .

Jika hal tersebut tetap berlangsung secara terus-menerus, maka akan muncul kekecewaan di antara warga masyarakat, dan berakibat pada perpecahan.

2. Terjadinya Penerimaan

Keseimbangan dalam masyarakat (social equiblirium) merupakan keadaan yang diinginkan oleh setiap masyarakat. Dengan adanya keseimbangan dalam masyarakat, dimaksudkan agar lembaga-lembaga kemasyarakatan yang pokok dari masyarakat benar-benar berfungsi dan saling mengisi.

Dengan demikian, individu secara psikologis dapat merasakan ketenteraman, karena tidak hanya pertentangan-pertentangan ataupun benturan-benturan dalam norma serta nilai-nilai.

Terciptanya suatu penyesuaian dalam masyarakat dapat terjadi di tingkat lembaga ataupun orang-perorangan. Pertama, menunjuk pada suatu keadaan dimana masyarakat berhasil menyesuaikan lembaga kemasyarakatan dengan keadaan yang mengalami perubahan sosial.

Sedangkan yang kedua menunjuk kepada usaha-usaha orang-perorangan untuk menyesuaikan diri dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang telah diubah atau diganti, agar terhindar dari disorganisasi psikologis.

Contohnya masyarakat sekarang telah banyak menggunakan laptop atau komputer untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Nah itu lah pembahasan mengenai IPS Sosiologi tentang Respons Individu dan Masyarakat terhadap Perubahan Sosial, semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

0 Response to "Respons Individu dan Masyarakat terhadap Perubahan Sosial"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.