Pergelaran Karya Musik Nusantara

Dalam menampilkan karya musik dibutuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Kadang kala ada rasa gugup yang menyertai, namun dengan semangat dan keyakinan diri maka niscaya karya musik tersebut dapat ditampilkan dengan baik.

Pergelaran atau pementasan karya musik di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman untuk menunjukkan keterampilan kalian dalam bermusik. Pergelaran dapat bersifat apresiatif atau kompetitif.

Pergelaran dapat bersifat apresiatif atau kompetitif, pergelaran yang bersifat apresiatif yaitu pergelaran yang menampilkan beberapa peragaan musik. Pergelaran yang bersifat kompetitif yaitu pergelaran yang bertujuan untuk mendapatkan penghargaan, misalnya perlombaan paduan suara antar kelas atau antar sekolah.

Dalam menyelenggarakan pergelaran musik, kalian dapat membentuk kepanitiaan, struktur organisasi kepanitiaan terdiri atas prlindung, penasihat, ketua, wakil ketua, bendahara, wakil bendahara, sekertaris, wakil sekertaris, dan beberapa petugas. Petugas-petugas yang dibutuhkan antara lain petugas acara, petugas partitur, petugas perlengkapan, dan petugas dokumentasi.

Pergelaran Karya Musik Nusantara

Berikut ini merupakan hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menyelenggarakan sebuah pergelaran.

1. Mengumpulkan Hasil Karya
Pengumpulan hasil karya dilakukan oleh petugas acara. Semua bentuk, jenis, dan kreasi musik yang mendukung pergelaran musik perlu dikumpulkan dan di inventaris terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengelolaan, khususnya dalam membuat susunan acara agar acara yang digelar monoton dan menjemukan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan, yaitu menginventaris setiap jenis musik pada daftar acara dan membuat susunan acara.

2. Mempersiapkan Kelengkapan Pergelaran
Mempersiapkan kelengkapan pergelaran dilakukan oleh petugas perlengkapan. Kesuksesan pergelaran didukung oleh pengelolaan, sistem kerja, dan perlengkapan penunjang lainnya, seperti tata suara, tata lampu, tata panggung, dan standar untuk partitur.

3. Penataan Ruang Pergelaran
Petugas perlengkapan dan dekorasi bertanggungjawab dalam penataan ruang pergelaran. Salah satu faktor penunjang kesuksesan pergelaran, yaitu tempat atau ruangan pergelaran yang tertata dengan baik.

Dalam sebuah pergelaran musik, terdapat beberapa ruang yang perlu perhatian dalam penataannya, seperti panggung, ruang untuk penonton, dan ruang pendukung.

Share This: