Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli Sosiologi

Dalam masyarakat ada begitu banyak norma yang berjalan seiring dengan permasalahan masyarakat. Norma-norma tersebut biasanya saling berhubungan dan membentuk jaringan norma yang disebut dengan sistem norma, misalnya sistem norma agama, sistem norma hukum, dan sebagainya.

Sistem norma tersebut akan membantu warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan jasmani maupun rohani. Sistem norma yang mengatur dan membantu warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya disebut pranata atau lembaga sosial.

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Ahli Sosiologi

Pengertian Lembaga Sosial

Supaya kalian lebih jelas memahami pengertian lembaga sosial, maka simak dan cermatilah beberapa definisi mengenai lembaga sosial dari para ahli sosiolog berikut ini.

1. Robert Melver dan C.H. Page

Lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang tergabung pada suatu kelompok dalam masyarakat.

2. Leopold Von Wiese dan Becker

Lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu serta pola-polanya sesuai dengan minat dan kepentingan individu serta kelompok.

3. W.G. Summer

Lembaga sosial merupakan perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sikap kekal serta bertujuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Lembaga berfungsi agar ada keteraturan dan integrasi di dalam masyarakat.

4. Koentjaraningrat

Lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleksitas kebutuhan dalam kehidupan manusia.

5. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Lembaga sosial merupakan kumpulan dari berbagai cara berperilaku (usage) yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur hubungan-hubungan sosial.

6. Soerjono Soekanto

Lembaga sosial atau pranata sosial adalah himpunan norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.

7. Paul Horton dan Chester L. Hunt

Lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

8. Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

9. Bruce J. Cohen

Lembaga sosial merupakan sistem pola sosial yang tersusun rapi dan secara relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

10. W. Hamilton

Lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok yang bila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi.

# Kesimpulan

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa lembaga sosial berkaitan dengan hal-hal berikut.
  1. Seperangkat norma yang saling berkaitan, bergantung, dan mempengaruhi.
  2. Seperangkat norma yang dapat dibentuk, diubah, dan dipertahankan sesuai dengan kebutuhan hidup.
  3. Seperangkat norma yang mengatur hubungan antar warga masyarakat agar dapat berjalan dengan tertib dan teratur.
 
Berdasarkan teori dan konsep tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, lembaga sosial adalah suatu sistem norma tentang aktivitas masyarakat yang bersifat terarah dalam rangka melangsungkan kehidupan bermasyarakat dan memenuhi segala kebutuhan pokok manusia.
 
Pengertian ini berbeda dengan bada atau organisasi yang berarti sekelompok orang yang membentuk suatu badan atau organisasi yang berperan dalam mengkoordinasikan dan melaksanakan aktivitas masyarakat tersebut.
 
Nah itu lah pembahasan mengenai Pengertian Lembaga Sosial Menurut para Sosiolog, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.

Share This: