Pengenalan Terhadap Penelusuran Bakat melalui Keluarga

Genogram adalah suatu grafik tiga generasi yang menggambarkan asal-usul atau istilah keluarga seseorang. Genogram dapat digunakan sebagai alat pendukung dalam identifikasi perencanaan dalam rangka menganalisis dan memanfaatkan untuk pengembangan karier individu.

Orang tua atau anggota keluarga berpengaruh besar dalam pembentukan bakat seseorang. Orang tua atau anggota keluarga juga berpengaruh dalam pilihan dan pengembangan karier seseorang.

Penelusuran Bakat melalui Keluarga

Lihat contoh dibawah ini!

1. Orang tua
Pasangan Ahmad-Anna memiliki tiga orang anak bernama Anto, Febri, dan Melani

Ahmad adalah ayah dari Anto, Febria, dan Melani. Ia adalah suami dari Anna. Ahmad adalah seorang ahli statistik yang memiliki kegemaran memelihara ikan. Sejak kecil Ahmad suka mencari ikan di sungai, lalu memeliharanya di kolam ikan rumahnya.

Anna adalah ibu dari Anto, Febri, dan Melani. Ia adalah istri dari Ahmad. Anna adalah seorang desaigner interior yang memiliki hobi olahraga voli. Ia menjadi anggota klub voli di kantornya bahkan pernah menjuarai perlombaan tingkat nasional.

2. Anak
Anto adalah anak pertama. Ia seorang wiraswasta sukses. Ia pandai mencari peluang usaha dan suka mengikuti pertandingan apa saja yang berhubungan dengan hobinya main tenis meja. Ia menikah dengan Atikah, seorang pedagang beras yang sukses.

Febria sekarang masih duduk di bangku SMA kelas XI IPS, bakatnya yang menonjol adalah hitung-menghitung uang. Ini terbukti dari nilai pengetahuan ekonominya yang paling tinggi di kelas. Dalam kesehariannya, ia suka membantu ayahnya memberi makan ikan dan mengatur sirkulasi air di kolam.

Melani adik Anto dan Febri yang masih duduk di bangku SMP. Ia adalah anak yang sangat rapi dan teliti terutama dalam hal administrasi. Ia sering menemani ibunya berlatih bola voli.
Pengenalan Terhadap Penelusuran Bakat melalui Keluarga


Semoga artikel Pengenalan Terhadap Penelusuran Bakat melalui Keluarga ini bisa bermanfaat khususnya bagi para orang tua yang ingin mengetahui bakat anaknya.