Macam-Macam Rangkaian Gerakan Senam Paling Lengkap

Rangkaian gerakan senam adalah penggabungan dari beberapa gerakan senam yang dilakukan secara berurutan dalam satu periode gerakan/kesempatan.

Pada rangkaian gerakan pesenam akan melakukan unsur gerakan mengguling, melintang, keseimbangan, memutar, melompat dan meloncat sesuai kaidah pada gerakan senam lantai.

Gerakan rangkaian adalah dua gerakan atau lebih yang dilakukan secara berurutan dengan waktu relatif singkat.

1. Rangkaian Radslag dan Flik-flak

Macam Rangkaian Gerakan

Cara melakukannya:
  1. Berdiri menyamping, sikap melakukan meroda.
  2. Lakukan gerakan berputar ke samping gerakan meroda.
  3. Setelah mendarat kaki rapat, bungkukkan badan lalu lakukan gerakan guling lenting.

2. Rangkaian Forward Roll dan Flik-flak

Macam Rangkaian Gerakan Senam

Cara melakukannya:
  1. Sikap jongkok menghadap ke matras.
  2. Lakukan gerakan mengguling ke depan dengan sempurna.
  3. Dilanjutkan gerakan guling lenting yang diakhiri dengan sikap berdiri.

3. Rangkaian Radslag dan Forward Roll

Cara melakukannya:
  1. Ambil sikap berdiri menyamping.
  2. Lakukan gerakan meroda dengan sempurna.
  3. Rapatkan kedua kaki menghadap ke arah matras.
  4. Bungkukkan badan, lakukan gerakan guling depan dengan sikap akhir berdiri.

4. Rangkaian Gerakan Forward Roll dan Headstand

Gerakan headstand yaitu gerakan berdiri dengan bertumpu pada kepala dan dua tangan. Untuk melakukan rangkaian gerakan guling depan dan headstand, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
  1. Bersiap melakukan guling depan dari sikap jongkok.
  2. Lakukan gerakan guling depan dengan benar.
  3. Dari posisi akhir gerak guling depan, letakkan kepala dan dua telapak tangan di matras untuk bersiap melakukan headstand. Posisi kepala dan kedua telapak tangan membentuk segitiga sama sisi.
  4. Tahan posisi headstand beberapa detik.

Nah itu lah pembahasan tentang Macam-Macam Rangkaian Gerakan Senam, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran. 

Share This: