Langkah-langkah Mengaransir Karya Musik Nusantara

Dalam mengaransir musik atau lagu dibutuhkan kreativitas, kesabaran, juga ketelitian. Karena karya musik yang bagus membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah.

Simak penjelasan lebih lanjut mengenai aransemen musik berikut ini, agar kalian juga dapat membuat karya aransemen sendiri.

langkah Mengaransir Karya Musik Nusantara

Pengertian Aransemen

Mengaransir adalah mengubah lagu yang sudah ada menjadi musik baru berupa vokal maupun instrumental tanpa meninggalkan ciri khasnya.

Untuk dapat mengaransemen lagu dibutuhkan proses yang panjang dan terus-menerus karena aransemen yang baik adalah hasil dari sebuah perkembangan yang panjang bukan bersifat instan.

Dalam membuat aransemen mulailah dari tingkat yang sederhana, kemudian meningkat ke hal yang sulit. Belum tentu aransemen yang sulit dan detail akan terdengar lebih indah. Aransemen yang baik adalah yang sesuai dengan harapan arrangernya.

Langkah-langkah Mengaransir

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam menyusun sebuah aransemen musik adalah sebagai berikut.

1. Amati dan pelajarilah karya musik atau lagu yang akan dibuat aransemen. Lagu tersebut harus dihafalkan dan berusaha ditangkap inti sari, nuansa, serta maknanya dengan cermat.

2. Pikirkanlah alat-alat musik apa saja yang dapat digunakan untuk menumbuhkan suasana, imaji, serta nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya lagu tersebut sehingga dapat lebih indah.

3. Pelajarilah kemungkinan-kemungkinan pengembangan harmoni yang dapat dicapai dengan menggunakan alat-alat musik yang dipilih. Perlu diingat bahwa setiap alat musik memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri yang merupakan karakteristik khasnya.

4. Dengan alat-alat musik yang dipilih, amati kembali lagu yang akan diaransir. Bagian mana dari lagu tersebut yang akan diberi aksen atau penekanan tertentu agar makna yang ingin disampaikan oleh penciptanya dapat tercapai.

5. Pilihlah alat bantu yang akan dibuat untuk menyusun aransemen tersebut. Maksudnya, apakah kita akan membuat aransemen musik tersebut secara manual dengan ditulis tangan di atas lembaran-lembaran kertas.

Bisa juga menggunakan medium lain seperti komputer yang telah dilengkapi software aplikasi penulisan musik seperti Encore, Musik Write Profesional, Sibelius, CakeWalk Musik Creator, Finale dan sebagainya, ataukah dengan menggunaka program musik yang terdapat pada keyboard yang dapat mengeluarkan format MIDI.

6. Tahap pertama tulislah melodi lagu pokok yang akan kita buat aransemennya secara bertahap bait demi bait dengan mempertimbangkan ruang untuk penyusunan aransemen introduksi, interlude, serta coda lagu.

7. Mulailah menyusun aransemen dengan mencantumkan terlebih dahulu akor-akor pokok di atas teks lagu yang akan diransir. Percantuman akor pokok ini merupakan pedoman dalam mengembangkan aransemen jika bentuk aransemen mulai berkembang ke arah yang lebih rumit.

8. Masukkan aransemen untuk alat-alat musik bernada rendah yang dapat memberikan beat terhadap lagu. Misalnya dengan mencantumkan terlebih dahulu iringan bas atau iringan untuk piano. Setelah itu, berturut-turut dapat dimasukkan instrumen-instrumen lain yang sudah ditetapkan.

9. Mainkanlah gubahan tersebut setiap menyelesaikan sebuah kalimat musik untuk mengontrol apakah karya yang dibuat telah sesuai dengan keinginan kita ataukah belum.

10. Jika telah selesai, cobalah mainkan secara keseluruhan hasil aransemen tersebut dengan lengkap. Jika kita menggunakan software aplikasi penulis musik, penyusunan aransemen ini akan menjadi lebih mudah dan kita dapat mengontrol bagian demi bagian dari aransemen yang kita buat.

11. Jika kita menganggap karya tersebut lebih baik, cetaklah karya aransemen tersebut untuk diperbanyak dan dibagikan kepada anggota kelompok. 

12. Tahap selanjutnya, lakukanlah latihan-latihan secara sungguh-sungguh dan serius agar dicapai hasil yang maksimal.

Perlu dipahami bahwa menggunakan alat seperti komputer dalam membuat aransemen musik bukanlah hal yang terlarang. Produk teknologi ini diciptakan untuk semakin meringankan tugas manusia sehingga pekerjaan dapat dikerjakan dengan efisien dan efektif.

Sudah barang tentu, untuk menggunakan komputer dalam penulisan aransemen musik tetap diperlukan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan teknik penciptaan, ilmu harmoni, serta kemampuan yang berkaitan dengannya.

Share This: