Karakteristik Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah suatu bentuk usaha yang kegiatannya membeli dengan tujuan untuk dijual kembali, tanpa mengubah bentuk barang tersebut ataupun melakukan pengolahan lebih lanjut.

Dalam kegiatan usahanya untuk mendapatkan keuntungan perusahaan dagang melakukan pembelian barang dagangan dan menjual kembali barang tersebut dengan harga jual yang lebih besar dari harga pokok atau harga perolehannya, sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari selisih antara harga jual dan harga pokok.

Karakteristik Perusahaan Dagang

Proses pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang pada prinsipnya tidak banyak berbeda dengan perusahaan jasa. Perbedaan pencatatan terutama terletak pada:

1. Adanya perkiraan persediaan barang dagang, yang terdiri atas persediaan awal (nilai barang dagang yang dimiliki perusahaan pada awal periode akuntansinya) dan persediaan akhir (nilai barang dagang yang dimiliki perusahaan pada akhir periode akuntansinya).

2. Adanya perhitungan harga pokok penjualan.

3. Bentuk laporan laba/rugi dapat menggunakan bentuk single slep ataupun multiple step.

4. Perkiraan-perkiraan lain yang bisa digunakan pada perusahaan dagang, yaitu retur pembelian dan pengurangan harga, potongan pembelian, penjualan barang dagangan, retur penjualan dan pengurangan harga, serta potongan penjualan.

Nah itulah pembahasan tentang Karakteristik Perusahaan Dagang, Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih.