Fungsi Umum, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Lembaga Sosial

Suatu lembaga sosial pada umumnya memiliki beberapa fungsi yang bersifat manifest (disadari, dikehendaki) maupun laten (terselubung, tidak dikehendaki). Adapun fungsi manifest lembaga sosial, antara lain.

Fungsi Umum, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Lembaga Sosial

Fungsi Umum Lembaga Sosial

1. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat mengenai sikap dan tingkah laku yang tepat dalam menghadapi masalah-masalah di masyarakat, terutama berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan.

2. Menjaga keutuhan masyarakat.

3. Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian sosial (social control) yang mengawasi tingkah laku anggota-anggotanya.

Proses Pertumbuhan Lembaga Sosial

Secara garis besar, munculnya lembaga sosial dapat diklasifikasikan ke dalam 2 cara, yaitu :

a. Secara Tidak Terencana

Lembaga sosial lahir secara bertahap dalam praktik kehidupan masyarakat. Hal ini terjadi ketika manusia dihadapkan pada masalah-masalah yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Contohnya, dalam kehidupan ekonomi sistem barter sudah dianggap tidak efisien, sehingga masyarakat menggunakan mata uang untuk mendapatkan barang yang diinginkan dari orang lain.

b. Secara Tidak Terencana

Lembaga sosial muncul melalui suatu perencanaan yang matang oleh seorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuasaan dan wewenang. Misalnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kota yang penghasilannya terus menurun akibat lahan usaha dan lahan pertanian yang kurang memadai, maka pemerintah membentuk institusi atau lembaga transmigrasi.

Karakteristik Lembaga Sosial

Gillin tidak hanya berpendapat tentang ciri lembaga sosial saja ia juga memberikan pendapat mengenai karakteristik lembaga sosial, menurut Gillin dan Gillin karakteristik umum lembaga sosial yaitu sebagai berikut.

1. Terdiri atas organisasi pola-pola pemikiran dan pola-pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya.

2. Memiliki tingkat kekekalan tertentu.

3. Lembaga sosial memiliki satu atau beberapa tujuan.

4. Lembaga sosial mempunyai alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan.

5. Adanya lambang-lambang sebagai ciri khas dari lembaga sosial. Lambang tersebut secara simbolis menggambarkan tujuan dan fungsi dari lembaga tersebut.

6. Suatu lembaga sosial mempunyai tradisi, baik lisan maupun tertulis yang merumuskan tujuannya, tata tertib yang berlaku, dan sebagainya.

Nah itu lah pembahasan mengenai Fungsi Umum, Proses Pertumbuhan, dan Karakteristik Lembaga Sosial, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.