Ciri-Ciri Lembaga Sosial Menurut Gillin dan Gillin

Apa saja sih ciri-ciri lembaga sosial ? Nah Menurut Gilli dan Gillin lembaga sosial memiliki ciri-ciri umum, diantaranya adalah sebagai berikut, silahkan simak baik-baik.

Ciri Lembaga Sosial Menurut Gillin

Ciri-Ciri Lembaga Sosial Menurut Gillin dan Gillin

1. Merupakan organisasi pola-pola pemikiran dan pola perilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan dan hasil-hasilnya.
Lembaga sosial terdiri atas norma-norma, adat istiadat, kebiasaan, dan tata kelakuan yang tergabung dalam suatu kesatuan yang fungsional.

2. Memiliki tingkat kekekalan tertentu.
Maksudnya bahwa suatu norma, adat istiadat, tata kelakuan baru akan menjadi lembaga sosial setelah melalui proses yang membutuhkan waktu yang relatif lama.

3. Mempunyai satu atau beberapa tujuan tertentu.
Tujuan-tujuan tersebut dimaksudkan agar apa yang dibutuhkan oleh manusia dapat terpenuhi, contohnya lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, serta mengajarkan berbagai cara hidup dan perilaku yang lebih baik agar mampu menghadapi dan menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan zaman.

4. Mempunyai alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga sosial yang bersangkutan.
Alat-alat perlengkapan itu, misalnya mesin, peralatan, gedung atau bangunan, dan lain-lain. Contohnya dalam lembaga pendidikan, dimana agar proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan lancar, maka dibutuhkan adanya alat-alat, seperti meja kursi, ruang kelas, papan tulis, dan buku. Contoh lainnya adalah mesin-mesin pabrik yang dibutuhkan dalam proses produksi.

5. Mempunyai lambang-lambang.
Hal itu dimaksudkan untuk menggambarkan tujuan dan fungsi lembaga sosial yang bersangkutan. Lambang-lambang untuk setiap lembaga sosial tidak sama.

6. Mempunyai tradisi tertulis ataupun tidak tertulis.
Hal ini dimaksudkan untuk merumuskan tujuan, tata tertib yang berlaku, dan lain-lain dari lembaga sosial yang bersangkutan. Tradisi itu sebagai dasar dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Nah itu lah pembahasan mengenai Ciri Lembaga Sosial Menurut Gillin dan Gillin, semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan anda dan membantu teman-teman untuk memudahkan pembelajaran.