Apa itu Kemampuan Akademik ?

Kemampuan akademik merupakan kemampuan dan kemahiran seseorang dalam bidang akademik. Bidang akademik ini meliputi segala ilmu pengetahuan yang ada di dalam pendidikan formal, dalam kalimat mudahnya adalah berbagai subjek mata pelajaran yang ada pada pendidikan formal.

Kemampuan akademis ini mengarah pada kemampuan IQ (intelligence Quotient) yang dimiliki masing-masing orang.

Prestasi belajar yang diraih siswa di sekolah dapat dinyatakan dengan ungkapan kemampuan akademinya. Prestasi ini diwujudkan dalam nilai atau angka kuantitif yang diperoleh pada saat ulangan, ujian tengah semester, atau ujian akhir semester.

Kemampuan Akademik

Sehubungan dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengukuran prestasi belajar itu, sejak awal seyogyanya para siswa membiasakan diri dengan menyusun target perolehan prestasi belajar.

Penyusunan target ini memiliki arti penting bagi setiap siswa karena dapat membantu siswa untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi usaha pencapaian prestasi belajar yang diinginkan.

Penyusunan target juga sekaligus merupakan usaha memotivasi diri demi prestasi yang diinginkan.

Penyusunan target berhubungan dengan kemungkinan pilihan jurusan saat melanjutkan studi dan pilihan karir.

Prestasi belajar perlu dianalisis sebagai evaluasi terhadap kemampuan akademik yang mendasari keberhasilan. Target yang diterapkan haruslah realistis sehingga tidak menjadi beban maupun hanya sebagai tujuan yang mengada-ada.

Bukan kecerdasan saja yang membawa sukses, tapi juga hasrat untuk sukses, komitmen untuk bekerja keras, dan keberanian untuk percaya akan dirimu sendiri.
(Jamie Winship)

Jika anda belum menyusun target, mulai menyusun sekarang juga. Agar anda dapat memotivasi diri demi prestasi di kemudian hari.