Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Ideologi

Kata Ideologi berasal dari bahasa Latin, yaitu idea yang berarti daya cipta sebagai hasil kesadaran manusia dan logos yang berarti ilmu. Pengertian ini kemudian meluas sebagai keseluruhan pemikiran, cita rasa, serta segala upaya terutama dibidang politik.

Ideologi juga diartikan sebagai falsafah hidup dan pandangan dunia (dalam bahasa Jerman disebut weltanschauung). Untuk menambah wawasan tentang pengertian ideologi, simak beberapa pendapat dari beberapa tokoh berikut.

Pengertian dan Fungsi Ideologi

Kamus Ilmiah Populer
Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, paham kepercayaan, dan seterusnya (ideologi sosialis, ideologi islam, dan lain-lain).

Ensiklopedia Internasional
Ideologi adalah sistem gagasan, keyakinan, dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok, kelas atau masyarakat tertentu.

A. Destult de Tracy 
Ideologi adalah bagian dari filsafat yang merupakan ilmu yang mendasari ilmu-ilmu lain seperti pendidikan, etika, politik, dan sebagainya.

Dari beberapa pengertian ideologi diatas terdapat beberapa bagian yang membentuk suatu hal yaitu:
  1. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis.
  2. Pedoman tentang cara hidup.
  3. Tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok (kelas, bangsa). 
  4. Dipegang teguh oleh kelompok yang meyakininya.

Fungsi Ideologi

Ideologi mempunyai fungsi sebagai berikut :

Struktur kognitif, ialah keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian alam sekitarnya.

Orientasi dasar dengan membawa wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia.

Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak.

Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.

Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya.
Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasinya dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.

Nah itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Fungsi Ideologi, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua orang dan bisa membantu teman-teman belajar memahami Pengertian dan Fungsi Ideologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar