Dukungan Rakyat Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Halo teman-teman kali ini saya akan menjelaskan tentang Dukungan Rakyat Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara lengkap dan tepat, semoga ini bisa membantu teman-teman sebagai bahan untuk pembelajaran. Yuk Langsung saja simak dibawah ini.

Rapat Raksasa di Lapangan Ikada

Pada tanggal 19 Agustus 1945, masa berbondong-bondong membanjiri Lapangan Ikada (Ikata Atletik Djakarta), yang sekarang terletak disebelah tenggara Monumen Nasional.

Pada saat itu, situasi nya menjadi sangat tegang karena massa pemuda Indonesia berhadapan dengan tentara Jepang. Para pemimpin bangsa seperti presiden, wakil presiden, dan para mentri datang ke Lapangan Ikada.
Dukungan Rakyat Terhadap Proklamasi

Presiden Soekarno menuju mimbar yang telah disediakan. Beliau tidak jadi berpidato dan hanya menyampaikan beberapa pesan singkat. Beliau meminta kepercayaan dan dukungan rakyat kepada pemerintah RI dengan cara mematuhi perintah nya.

Presiden kemudian membubarkan massa dan meminta mereka untuk pulang dengan tertib dan tenang. Massa pun menaati pemimpin mereka tersebut

Pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono IX (sembilan)

Dalam Rangka mewujudkan Negara Republik Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, Sri Sultan Hamengkubuwono IX (sembilan) selaku sultan Ngayogyakarta Hadiningrat memberikan dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan indonesia.

Dukungan tersebut disampaikan pada tanggal 1 September 1945 melalui telegram. Melalui pernyataan dukungan Sri Sultan Hamengkubuwono tersebut, Yogyakarta secara resmi menjadi bagian dari NKRI dengan kedudukannya sebagai daerah istimewa.

Nah itulah pembahasan mengenai Dukungan Rakyat Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang bisa saya bahas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman dan bisa membantu teman-teman untuk belajar.

0 Response to "Dukungan Rakyat Terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia"

Posting Komentar

Ada yang ingin ditanyakan? Yuk! Tulis dikolom komentar.

Catatan: Centang "Beri tahu saya" atau "Notify me" agar balasan komentar masuk ke e-mail anda.